Annisa, Fitria Nur (2022) Strategi media relations Humas Sekretariat Daerah Kota Bekasi dalam membangun citra positif Pemerintah Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
Abstract
Media relations menjadi hal penting dalam pekerjaan humas karena media memiliki pengaruh yang besar dalam membentuk citra lembaga melalui berita yang dipublikasikannya. Humas Sekretariat Daerah Kota Bekasi melakukan kegiatan media relations karena menyadari pentingnya membina hubungan baik dan bersingergi dengan media, oleh karena itu humas menerapkan strategi agar tujuan dari kegiatan media relations tersebut bisa tercapai yaitu membentuk citra positif Pemerintah Kota Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi yang dilakukan oleh Humas Sekretariat Daerah Kota Bekasi dalam membangun hubungan baik dengan media menggunakan konsep strategi media relations dari Yosal Iriantara dan model twoway symmetric communication yang dikemukakan oleh Grunig dan Hunt. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan strategi media relations yang dilakukan humas berdasarkan fakta dan data yang telah ditemukan. Paradigma yang digunakan yaitu paradigma konstruktivisme yang bertujuan untuk memahami proses dan interaksi sosial antara humas dengan media. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam dengan pihak yang terlibat dalam kegiatan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi media relations yang dilakukan oleh Humas Sekretariat Daerah Kota Bekasi terdiri dari tiga proses. Pertama, proses mengelola relasi yang dilakukan dengan cara menjalin kemitraan dengan media, memilih dan menyeleksi media yang tepat, dan melaksanakan kegiatan media relations seperti fasilitasi UKW, coffee morning, pembuatan press release, media visit, dan special event. Kedua, proses mengembangkan strategi yang dilakukan dengan cara menggunakan berbagai media dalam menyampaikan pesan, membangun dan memelihara kontak dengan media, dan memosisikan diri sebagai sumber informasi yang andal bagi media. Ketiga, proses mengembangkan jaringan yang dilakukan dengan cara menjalin hubungan dengan organisasi profesi wartawan dan bekerja sama dengan organisasi profesi wartawan serta Humas Pemprov Jabar. Semua proses tersebut dibangun dengan komunikasi yang bersifat dua arah untuk menciptakan hubungan yang saling mendukung dan menguntungkan bagi humas dan media. Media relations is an important thing in public relations work because the media has a great influence in shaping the image of the institution through the news it publishes. The Public Relations of the Bekasi City Regional Secretariat carries out media relations activities because it realizes the importance of fostering good relations and synergizing with the media, therefore PR implements a strategy so that the objectives of the media relations activities can be achieved, namely forming a positive image of the Bekasi City Government. This study aims to describe the strategy adopted by the Public Relations of the Bekasi City Regional Secretariat in building good relations with the media using the concept of media relations strategy from Yosal Iriantara and the twoway symmetric communication model proposed by Grunig and Hunt. The research method used in this research is descriptive-qualitative method which aims to describe and explain the media relations strategy carried out by public relations based on the facts and data that have been found. The paradigm used is the constructivism paradigm which aims to understand the process and social interaction between public relations and the media. Data collection techniques used are in-depth interviews with parties involved in the activities, observation, and documentation. The results showed that the media relations strategy carried out by the Public Relations of the Bekasi City Regional Secretariat consisted of three processes. First, the process of managing relationships is carried out by establishing partnerships with the media, selecting and choosing the right media, and carrying out media relations activities such as UKW facilitation, coffee mornings, making press releases, media visits, and special events. Second, the process of developing a strategy is carried out by using various media in conveying messages, establishing and maintaining contact with the media, and positioning oneself as a reliable source of information for the media. Third, the process of developing a network is carried out by establishing relationships with professional journalists' organizations and collaborating with journalist professional organizations and the West Java Provincial Government Public Relations. All of these processes are built with two-way communication to create mutually supportive and beneficial relationships for public relations and the media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Media Relations; Hubungan Masyarakat; Citra Positif |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Fitri Nur Annisa |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 08:31 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 08:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/56444 |
Actions (login required)
View Item |