Pengaruh perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan jasa sub sektor transportasi yang terdaftar di BEI periode tahun 2012-2020

Ranaputra, Nauval Brianata (2022) Pengaruh perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan jasa sub sektor transportasi yang terdaftar di BEI periode tahun 2012-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (3).pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan globalisasi yang signifikan juga menjadi salah satu dampak dari perubahan perekonomian. Untuk menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan yang terjadi, maka perusahaan harus mempertahankan dan mengembangkan usahanya dengan berbagai macam strategi perusahaan, yaitu dengan melakukan pengelolaan sumber daya yang dimiliki dan yang dibutuhkan. Perusahaan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi diartikan mampu menghasilkan keuntungan yang maximum dan artinya memiliki kemampuan membayar utang tepat pada saat jatuh tempo. Perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan merupakan rasio-rasio yang digunakan untuk mengatur efektivitas perusahaan dalam menggunakan aktiva yang dimilikinya. Dari hasil pengukuran tersebut maka akan terlihat apakah perusahaan lebih efisien dan efektif dalam mengelola assetnya sehingga manajemen dapat mengukur kinerja dalam menggunakan dan mengoptimalkan aktiva yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Perputaran Kas, Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi Di Indonesia yang Terdaftar Di BEI Periode Tahun 2012-2020. Dengan menggunakan data sekunder berbentuk laporan keuangan dan harga saham yang bersumber dari website perantara, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif verifikatif serta dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 11 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Fixed Effect Model, uji statistik, uji parsial (uji t) uji simultan (uji f) dan koefisien determinasi. Hasil daripada penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perputaran kas secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap proditabilitas, (2) Perputaran piutang secara parsial berpengarush positif signifikan terhadap profitabilitas, (3) Perputaran persediaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas (4) Ketiga variabel dalam penelitian ini yaitu perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas; Perputaran Piutang; Perputaran Persediaan; Profitabilitas
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nauval Brianata Ranaputra
Date Deposited: 12 Sep 2022 12:37
Last Modified: 12 Sep 2022 12:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56450

Actions (login required)

View Item View Item