Transformasi sosial komunitas supermoto pada masa pandemi covid-19: Studi deskriptif Komunitas Kracker Supermoto di Kabupaten Karawang Jawa Barat

Usmiati, Usmiati (2022) Transformasi sosial komunitas supermoto pada masa pandemi covid-19: Studi deskriptif Komunitas Kracker Supermoto di Kabupaten Karawang Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunang Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kondisi eksternal yaitu pandemi Covid-19 dan sosialisasi yang diberikan oleh Komunitas Kracker Supermoto Karawang. Kondisi tersebut secara tidak langsung membuat Komunitas mengalami transformasi atau perubahan. Perubahan yang dirasakan Komunitas inilah yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui informasi mengenai bagaimana cara sosialisasi Komunitas Kracker Supermoto Karawang pada masa pandemi Covid-19. transformasi sosial terjadi ketika individu bergabung dalam Komunitas Kracker Supermoto Karawang. Bagaimana transformasi sosial Komunitas Kracker Supermoto Karawang dalam menghadapi permasalahan pandemi Covid-19. Teori yang berkaitan dalam penelitian ini ada dua. Pertama, Teori Perkembangan Rasionalitas atau Tindakan Sosial dari Max Weber, digunakan sebagai landasan memahami alasan dari transformasi anggota Komunitas. Kedua, Teori dari Tallcott Parsons yaitu Teori Struktural Fungsional, digunakan dalam melihat keberfungsian Komunitas dan solusi dari berbagai permasalahan yang di hadapi Komunitas pada masa pandemi Covid-19. Metode deskriptif dan pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Ditunjang oleh jenis data primer, dari sumber data informan (pangkal: pegurus dan kunci: anggota Komunitas) dan jenis data sekunder dari sumber tertulis dan dokumentasi baik langsung maupun tidak langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara in-depth interview, observasi serta studi kepustakaan dan dokumentasi. Data mengenai Komunitas Kracker Supermoto Karawang diolah dengan menggunakan teknik analis data Huberman, reduksi data, display data dan interpretasi atau pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya transformasi yang mengarah pada kemajuan dari cara sosialisasi Komunitas yang membentuk kepribadian baik yang dirasakan oleh individu-individu yang tergabung dengan Komunitas Kracker Supermoto Karawang. transformasi kecil yang dirasakan oleh individu yang tergabung dalam Komunitas ini tidak mengarah kepada kemunduran, namun justru membentuk transformasi baik. Pada kondisi pandemi Covid-19, Komunitas tidak menolak transformasi karena dampak tersebut. Sebaliknya, Komunitas menyesuaikan dengan mengikuti aturan dan arahan terkait Covid-19 dengan melakukan transformasi cepat yang tidak dikehendaki pada berbagai aspek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Transformasi; Komunitas; Penyesuaian; Covid-19;
Subjects: Communities
Communities > Urban Communities, Cities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Usmiati Usmiati
Date Deposited: 13 Sep 2022 00:51
Last Modified: 13 Sep 2022 00:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56471

Actions (login required)

View Item View Item