Mujaddi, Muhammad Hasymi (2022) Pengaruh pendekatan Science Technology Religion Engineering Arts and Mathematics (STREAM) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
Abstract
Kebiasaan berpikir (habits of mind) yang dikembangkan pada abad ke 21 ini salah satunya yaitu keterampilan berpikir kritis (KBKr). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan science, technology, religion, engineering, arts and mathematics (STREAM) terhadap KBKr pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain embedded eksperimental design. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling. Data hasil penelitian berupa Keterlaksanaan pembelajaran ekosistem melalui pendekatan STREAM memperoleh skor ketercapaian aktivitas guru sebesar 95% berkriteria sangat baik dan keterlaksanaan aktivitas siswa memperoleh skor 91% berkriteria sangat baik. Peningkatan KBKr siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor N-gain sebesar 0,67 berkriteria sedang, nilai tersebut lebih besar dari pada rata-rata skor N-gain kelas reguler sebesar 0,28 berkriteria rendah. Hasil perhitungan statistik uji mann whitney u menunjukan Sig. 0,027 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan hasil KBKr siswa pada kelas eksperimen dan reguler. Hasil asesmen produk diorama ekosistem pada kelas eksperimen dan reguler berada pada kriteria sangat baik dan cukup baik, persentase siswa yang memperoleh kriteria sangat baik lebih tinggi pada kelas eksperimen. Kendala siswa ditemukan dalam pembuatan diorama ekosistem pada tahap memahami permasalahan, ide pembuatan produk, membuat desain langkah kerja, membuat produk, dan pengujian terhadap produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan STREAM berpengaruh signifikan terhadap KBKr siswa pada materi ekosistem. KBKr dapat dibekalkan melalui pendekatan STREAM.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem;KBKr;STREAM |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Muhammad Hasymi Mujaddi |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 08:38 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 08:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/56487 |
Actions (login required)
View Item |