Analisis isi majalah Jurnalposmedia dalam penggunaan huruf kapital menurut Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI): Majalah Jurnal posmedia edisi IV 2020-2021 rubrik fokus utama 2

Susilawati, Tina (2022) Analisis isi majalah Jurnalposmedia dalam penggunaan huruf kapital menurut Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI): Majalah Jurnal posmedia edisi IV 2020-2021 rubrik fokus utama 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Setiap kali menulis dalam bahasa Indonesia, tentunya akan memakai ejaan bahasa Indonesia sebagai acuan penulisan. Sejarah ejaan bahasa Indonesia memiliki beberapa pembaharuan hingga sampailah di Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) yang saat ini dipergunakan. Penulisan huruf kapital dengan mengikuti PUEBI ini dirasa sangat krusial agar dapat mengetahui bagaimana cara penulisan yang baik serta benar. Wartawan pun di tuntut untuk sebisa mungkin menaati kaidah tata bahasa. Tak terkecuali para wartawan kampus atau pers kampus. Pers kampus memiliki peran yang sangat krusial mengingat dari media lah opini publik di hasilkan yang nantinya membimbing mahasiswa melalui proses berpikir dan berperilaku. Salah satunya media kampus yang ada di UIN Sunan Gunung Djati yakni Jurnalposmedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan penulisan huruf kapital yang ada pada karya jurnalistik Jurnalposmedia yakni majalah Jurnalposmedia Edisi IV 2020-2021 Rubrik Fokus Utama 2 menurut Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2016. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif . Keabsahan data memakai validitas isi formula Gregorogy yang menjadikan penilaian dilakukan oleh dua coder. Majalah Jurnalposmedia Edisi IV 2020-2021 Rubrik Fokus Utama 2 pun diambil menjadi sampel yang akan diteliti. Penulisan huruf kapital menurut AS Haris Sumaddiria menjadi bahan awal teori penulisan skripsi ini dan membuat Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang berlaku sejak tahun 2015 menjadi acuan pedoman penulisan pada majalah Jurnalposmedia yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 8 dari 13 poin penerapan huruf kapital yang termasuk ke dalam penerapan penulisan huruf kapital menurut PUEBI yang ada pada majalah Jurnalposmedia Edisi IV 2020-2021 Rubrik Fokus Utama 2. 5 dari 8 poin tersebut memiliki tingkat persentase yang cukup tinggi diatas 80% yang membuat secara keseluruhan, penerapan penulisan huruf kapital pada majalah Jurnalposmedia ini pun dikatakan cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ejaan Bahasa Indonesia; PUEBI; Huruf kapital
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Tina Susilawati
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:27
Last Modified: 13 Sep 2022 08:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56516

Actions (login required)

View Item View Item