Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Asset (ROA) Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT. Acset Indonusa Tbk Periode 2011-2020

Gunadi, Namira Shazzania (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Asset (ROA) Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi PT. Acset Indonusa Tbk Periode 2011-2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftarisi.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy

Abstract

Perekonomian di Indonesia menjadi salah satu faktor utama dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Saham menjadikan salah satu faktor yang menjadikan minat masyarakat dalam memperoleh keuntungan yang akan datang. Maka penulis tertarik untuk meneliti dengan teori yang digunakan yaitu semakin tinggi Current Ratio (CR) maka semakin rendah Return On Asset (ROA) dan semakin tinggi Debt to Equity Ratio (DER) maka semakin rendah Return On Asset (ROA). Akan tetapi berbeda halnya yang penulis teliti pada PT. Acset Indonusa Tbk teori tersebut tidak demikian. Penlitian ini bertujuan untuk megetahui bagaimana pengaruh Current Ratio terhadap Return On Asset secara parsial, Debt to Equity Ratio terhadap Return On Asset secara parsial, Current Ratio dan Debt to Equit Ratio secara simultan terhadap Return On Asset pada PT. Acset Indonusa Tbk. Kerangka berpikir dalam penelitian ini Current Ratio (CR) merupakan rasio likuiditas mengukur kemampuan perusahaan memenuhi utang jangka pendeknya (jatuh tempo kurang dari satu tahun) dengan menggunakan asset lancarnya. Debt to Equity Ratio (DER) merupakan rasio solvabilitas sebagai ukuran yang dipakai dalam menganalisa laporan keuangan untuk memperlihatkan besarnya jaminan yang tersedia untuk kreditor. Artinya kedua rasio tersebut mempunyai pengaruh terhadap rasio profitabilitas yaitu Return On Asset (ROA) merupakan kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih berdasarkan tingkat aset yang tertentu. Penelitian ini memakai jenis analisis angka (numerical) dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan data runtun waktu (time series), Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik analisis regresi linier sederhana serta regresi linier berganda, analisis korelasi product pearson moment, koefisien determinasi, dan uji t (parsial) dan uji F (simultan) didukung oleh software SPSS for Windows Versi 26.0. Subjek penelitian berupa laporan keuangan publikasi pada PT. Acset Indonusa Tbk periode 2011-2020, menggunakan memakai data sekunder. Sesuai hasil pengujian statistik serta analisis pembahasan, hasil penelitian pengaruh CR secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dimana dengan nilai -1.896 dan menggunakan nilai -2,306 menjadi -1,896 < -2,306 maka diterima dan ditolak, DER secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dimana menggunakan nilai 0,590 dan dengan nilai 2,306 menjadi 0,590 < 2,306 maka diterima serta ditolak, sedangkan CR dan DER secara simultan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ROA dimana dengan nilai 1,718 dan dengan nilai 4,74 menjadi 1,718 < 4,74 maka diterima serta ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Debt to Equity Ratio (DER); Return On Asset (ROA).
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Namira Shazzania Gunadi
Date Deposited: 13 Sep 2022 07:17
Last Modified: 13 Sep 2022 07:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56540

Actions (login required)

View Item View Item