Pemahaman siswa terhadap Q.S Al Baqarah ayat 83 hubungannya dengan sikap sopan santun mereka: Penelitian terhadap siswa kelas XII SMK Pasundan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Wangsapraja, Farah Istiana (2022) Pemahaman siswa terhadap Q.S Al Baqarah ayat 83 hubungannya dengan sikap sopan santun mereka: Penelitian terhadap siswa kelas XII SMK Pasundan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sikap sopan santun siswa. Berdasarkan studi pendahuluan di SMK Pasundan Jatinangor diperoleh informasi bahwa siswa cukup memahami materi Q.S Al Baqarah ayat 83 tentang ihsan dalam perbuatan dan perkataan, namun di satu sisi masih ada sikap mereka yang tidak mengaktualisasikan pesan yang terkandung dalam surat Al-Baqarah ayat 83. Sehingga peneliti tetarik meneliti sejauh mana hubungan antara pemahaman siswa terhadap QS Al Baqarah ayat 83 dengan sikap sopan santun mereka. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pemahaman siswa kelas XII SMK Pasundan Jatinangor terhadap Q.S Al Baqarah ayat 83, 2) Mengetahui sikap sopan santun siswa kelas XII SMK Pasundan Jatinangor, 3) Mengetahui hubungan pemahaman Q.S Al Baqarah ayat 83 dengan sikap sopan santun mereka. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pemahaman mencakup kemampuan untuk mempelajari, memahami dan mengevaluasi sesuatu yang seharusnya diungkapkan secara verbal dan diterapkan pada perilaku, karena hal itu akan berpengaruh pada perilaku dan sikap siswa sehari-hari. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah semakin tinggi pemahaman siswa terhadap Q.S Al Baqarah ayat 83 maka semakin tinggi pula sikap sopan santun mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas XII berjumlah 35 siswa. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Pemahaman siswa terhadap QS Al Baqarah ayat 83, termasuk kedalam kategori yang tinggi dengan rata-rata nilai interpretasi variabel X sebesar 85 yang ada pada interval 76-85. 2) Sikap Sopan Santun siswa termasuk kategori baik dengan nilai interpretasi variabel Y sebesar 3.83 yang ada pada interval 3.40-4.19. 3) Hubungan antara pemahaman siswa terhadap QS Al Baqarah ayat 83 dengan sikap sopan santun mereka termasuk kategori sedang yang berada pada interval 0.40-0.599. Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai t hitung 2.685 dan nilai t tabel 1.692 yang artinya t hitung 2.685 > t tabel 1.692. Adapun nilai pengaruh pemahaman Q.S Al Baqarah ayat 83 dengan sikap sopan santun siswa didapat sebesar 17,9%, oleh karena itu hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya terdapat hubungan antara pemahaman siswa terhadap Q.S Al Baqarah ayat 83 dengan sikap sopan santun mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Q.S Al Baqarah 83; Sikap sopan santun
Subjects: Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farah Istianah Wangsapraja
Date Deposited: 14 Sep 2022 10:55
Last Modified: 14 Sep 2022 10:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56565

Actions (login required)

View Item View Item