Makna ziarah kubur di makam habib Abdullah bin Muhsin Al Athas bagi peningkatan spiritualitas peziarah : Studi deskriptif di makam keramat Empang Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor

Triandsyah, Sultan Najib (2022) Makna ziarah kubur di makam habib Abdullah bin Muhsin Al Athas bagi peningkatan spiritualitas peziarah : Studi deskriptif di makam keramat Empang Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena ziarah kubur di Indonesia merupakan fenomena yang banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Khususnya fenomena ziarah kubur yang terjadi di makam keramat Habib Abdullah bin Muhsin Al Athas yang sangat kental, karena hampir setiap hari ramai dikunjungi peziarah. Berdasarkan fenomena itu maka praktik ziarah kubur menjadi hal yang menarik untuk dijadikan kajian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa interpretasi peziarah mengenai makna ziarah kubur, sehingga dengan pemahaman peziarah tentang praktik ziarah kubur itu bisa mempengaruhi pada peningkatan spiritualitas. Maka dari itu peneliti tertarik meneliti lebih lanjut untuk melihat bagaimana praktik ziarah kubur bisa mempengaruhi spiritualitas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi agama dalam mengamati dan mempelajari fenoemna agama setelah data terkumpul lalu disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ziarah kubur yang dilandasi pada teori Roderick Ninian Smart yaitu tujuh dimensi agama secara keseluruhan terdapat dalam aktivitas ziarah kubur, hal itu berdasarkan pada pemahaman peziarah mengenai makna ziarah kubur yang diungkapkan oleh peziarah. Selanjutnya hasil bahasan tentang peningkatan spiritualitas yang dilandasi pada teori Honorio Delgado empat karakteristik spiritualitas, yaitu interpretasi mengenai makna ziarah kubur bisa memberikan dampak positif terhadap spiritualitas. Hal itu membuat perubahan yang signifikan dalam kehidupan peziarah, seperti peziarah menjadi lebih semangat dalam ibadah dan semangat menjalani hidup, terlihat dari adanya usaha untuk keluar dari problema kehidupannya agar bisa melanjutkan kehidupan. Maka bisa disimpulkan bahwa sebagian besar peziarah memiliki makna tersendiri terkait aktivitas ziarah kubur. Makna dalam aktivitas ziarah kubur itu dapat membentuk suatu realitas yang unik diantaranya: membentuk rasa optimisme yang tinggi, terjadinya pergerseran sudut pandang dari nilai material ke nilai ideal, terpenuhinya kebutuhan ruhani dan terjadinya perubahan kondisi emosional, yang memberikan dampak pada peningkatan spiritualitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Makna Ziarah Kubur; Peningkatan Spiritualitas; Makam Keramat
Subjects: Religious Mythology > Religions and Secular Disciplines
Doctrines of Religions
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Sultan Najib Triandsyah
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:54
Last Modified: 15 Sep 2022 03:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56745

Actions (login required)

View Item View Item