Pesan moral foto Jurnalistik pada foto story kisah pendidikan di masa pandemi: Analisis semiotika Roland Barthes pada media online katadata.co.id 21 September 2020

Rohmatulloh, Arip Rahman (2022) Pesan moral foto Jurnalistik pada foto story kisah pendidikan di masa pandemi: Analisis semiotika Roland Barthes pada media online katadata.co.id 21 September 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Foto merupakan daya tarik tersendiri dalam dunia jurnalistik, sehingga banyak media online menggunakan foto sebagai daya tarik untuk memikat para pembaca. Foto jurnalistik terjadi secara alami dan tanpa rekayasa, selain itu dalam berita yang disajikan dengan atau berupa foto jurnalistik ini pun menyimpan makna dan pesan yang hendak disampaikan, masyarakat terkadang belum tentu mengerti akan berita tersebut atau malah enggan untuk membaca berita yang berbentuk tulisan, oleh karena itu dalam media cetak, isi berita disertai dengan sebuah foto. Pemberitaan diselingi foto, pesan dan informasi yang sulit disampaikan melalui tulisan dapat dijelaskan Foto merupakan rekaman peristiwa yang sebenarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotatif, konotatif dan mitologi yang terkandung dalam foto Peristiwa Rubrik Foto Story di Media Online Katadata.co.id. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Bila dikaitkan dengan masalah penelitian, maka diperlukan teori analisis semiotika Roland Barthes dengan metode deskriptif kualitatif untuk meneliti bagaimana mencari makna denotasi, konotasi, dan mitos pada foto peristiwa di rubrik Foto Story Katadata.co.id edisi 21 September 2020. Teori yang digunakan ialah analisis semiotika Roland Barthes yang mempelajari tentang kode-kode sebagai tanda atau sesuatu yang memiliki makna. Semiotika digunakan untuk mengkomunikasikan informasi. Semiotika juga meliputi tanda-tanda visual dan verbal serta semua tanda yang dapat diterima oleh semua panca indera. Tanda-tanda tersebut akan membentuk sebuah sistem kode yang secara sistematis menyampaikan sebuah pesan atau informasi dari perilaku manusia yang kemudian diterima sehingga maknanya akan lebih mudah dimengerti, dengan tahapan seperti denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian ini adalah keseluruhan data foto Peristiwa rubrik Foto Story yang memiliki makna denotasi, konotasi dan mitos. Maka peneliti menarik kesimpulan bahwa foto peristiwa(spot news) merupakan foto yang bersifat spontan, serta mengandung makna denotasi, konotasi, dan mitos didalamnya. Point of interest dari enam foto yang di teliti yaitu menggambarkan kisah pendidikan di masa pandemi yang terjadi di lapangan. Penderitaan korban pandemi tidak hanya berlaku bagi kesehatan masyarakat Indonesia saja tapi juga berlaku bagi ranah pendidikan, dimana para siswa didik di coba untuk beradaptasi dengan metode pembelajaran baru untuk membatasi penyebaran virus covid-19 disease oleh Pemerintah Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan; Moral; Foto; Semiotika
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Philosopy and Theory > Semiotics
Photography and Photographs > Philosophy and Theory of Photography and Photographs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Arip Rahman Rohmatulloh
Date Deposited: 16 Sep 2022 04:38
Last Modified: 16 Sep 2022 04:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56759

Actions (login required)

View Item View Item