Ashari, Rhivana (2022) Pengembangan bahan ajar komik matematika berbasis aplikasi Pixton terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (968kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih perlu ditingkatkan dan belum tersedianya bahan ajar yang sesuai untuk memfasilitasi kemampuan tersebut. Adapun bahan ajar komik matematika berbasis aplikasi Pixton dapat menjadi salah satu alternatif dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Proses pengembangan bahan ajar matematika berbasis media komik berbantu aplikasi Pixton terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) Validitas bahan ajar matematika berbasis media komik berbantu aplikasi Pixton; (3) Efektivitas bahan ajar matematika berbasis media komik berbantu aplikasi Pixton; dan (4) Respon siswa terhadap bahan ajar matematika berbasis media komik berbantu aplikasi Pixton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan, yaitu: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Hasil penetian pengembangan ini, yaitu : (1) Berdasarkan proses pengembangan bahan ajar dengan menggunakan model ADDIE dihasilkan bahan ajar komik matematika berbasis aplikasi Pixton pada materi Trginometri Kelas X berbentuk buku; (2) Validitas bahan ajar dari ahli media mendapat persentase sebesar 88% dengan kriteria “Sangat Valid”. Sedangkan dari ahli materi 1 dan materi 2 berturut-turut mendapat persentase 99% dan 97% dengan kriteria yang sama yaitu “Sangat Valid”, sehingga bahan ajar dinyatakan layak digunakan berdasakan penilaian ahli; (3) Efektivitas bahan ajar mendapat persentase sebesar 77% dengan kriteria “Efektif”, hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; dan (4) Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapat persentase 89% dengan kriteria “Sangat Baik”, hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap bahan ajar dan penggunaannya dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar; Komik Matematika; Pixton; Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rhivana Ashari |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 04:52 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 08:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/56791 |
Actions (login required)
View Item |