Pengaruh pendapatan bagi hasil Mudharabah dan beban bonus Wadiah berdasarkan Standar Akuntansi terhadap laba bersih pada PT. Bank Victoria Syariah periode 2015-2021

Amalia, Nadia Sri (2022) Pengaruh pendapatan bagi hasil Mudharabah dan beban bonus Wadiah berdasarkan Standar Akuntansi terhadap laba bersih pada PT. Bank Victoria Syariah periode 2015-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan bagi hasil mudharabah dan beban bonus wadiah secara teori memiliki hubungan dengan tingkat laba bersih yang dihasilkan. Semakin tinggi tingkat pendapatan bagi hasil mudharabah dan semakin rendah beban bonus wadiah maka akan berpengaruh terhadap kenaikan laba bersih, begitupun sebaliknya. Namun faktanya terdapat beberapa data pada laporan keuangan publikasi triwulan PT. Bank Victoria Syariah Periode 2015-2021 yang menunjukkan adanya ketidaksesuaian dengan teori tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis besarnya: 1) pengaruh pendapatan bagi hasil mudharabah berdasarkan PSAK Nomor 105 secara parsial terhadap laba bersih PT. Bank Victoria Syariah periode 2015-2021, 2) pengaruh beban bonus wadiah berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) secara parsial terhadap laba bersih PT. Bank Victoria Syariah periode 2015-2021, 3) pengaruh pendapatan bagi hasil mudharabah dan beban bonus wadiah berdasarkan standar akuntansi secara simultan terhadap laba bersih PT. Bank Victoria Syariah periode 2015-2021. Bagi hasil dalam mekanisme keuangan syariah berhubungan dengan usaha penghimpunan dana (funding) serta penyaluran dana (lending). Dalam usaha memperoleh pendapatan bagi hasil, perbankan syariah pada praktiknya menyediakan produk tabungan mudharabah dan wadiah melalui sistem bonus atau pembagian keuntungan bagi hasil. Bonus wadiah yang diberikan oleh bank syariah kepada nasabah pemegang rekening tabungan wadiah merupakan bentuk imbalan balas jasa (insentif) dari bank, karena nasabah telah menitipkan dananya. Besarnya bonus yang diberikan bersifat tidak tetap dan sukarela karena bank membagikan keuntungannya berupa bonus tidak boleh diperjanjikan di awal. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik, analisis data deret waktu, analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi, analisis determinasi serta uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F. Data yang diolah adalah data sekunder berupa laporan keuangan publikasi triwulan periode 2015-2021 dan annual report yang telah dipublikasi pada website resmi PT. Bank Victoria Syariah. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah secara parsial terbukti berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap laba bersih serta telah sesuai berdasarkan PSAK Nomor 105, 2) Beban Bonus Wadiah secara parsial terbukti berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap laba bersih serta telah sesuai berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), 3) Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah dan Beban Bonus Wadiah secara simultan terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap lababersih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah; Beban Bonus Wadiah; Standar Akuntansi; Laba Bersih
Subjects: Administration of Economy
Business
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Elementary Level of Accounting
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Cost Accounting
Accounting > Auditing
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Private Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Nadia Sri Amalia
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:49
Last Modified: 19 Sep 2022 01:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56799

Actions (login required)

View Item View Item