Rifaldi, Deden Rizwan (2016) Model Manajemen Pembelajaran Berbasis Soft Skills (Penelitian di SMA Terpadu Baiturrahman Ciparay Kabupaten Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
Abstract
SMA Terpadu Baiturrahman merupakan lembaga pendidikan dibawah Yayasan Pondok pesantren Baiturrahman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman Soft Skills untuk peserta didik. sesuai dengan fungsi pendidikan dalam Undang-undang Republik Indonesia Tahun 2003 pasal 3 yaitu Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui(1) latar alamiah (2) perencanaan pembelajaran Soft skills (3)pelaksanaan pembelajaran Soft Skills (4) penilaian dan hasil pembelajaran Soft skills(5)faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Soft skills di SMA Terpadu Baiturrahman Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pentingnya manajemen pembelajaran khususnya dalam pengembangan soft skills untuk peserta didik dalam pencapaian tujuan pendidikan, karena pembelajaran tanpa penanaman soft skills untuk bekal peserta didik mak tujuan pendidikan dalam sebuah lembaga tersebut tidak akan berjalan maksimal sesuai yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan lokasi di SMA Terpadu Baiturrahman Ciparay Kab. Bandung. Subyek data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru dan Staff Tata Usaha. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisa data hasil penelitian digunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran soft skills di SMA terpadu Baiturrahman melalui perumusan kurikulum, tujuan pembelajaran dan penentuan metode pembelajaran, . Pelaksanan Manajemen pembelajaran khusus Soft skills yang diberikan kepada siswa/siswi SMA Terpadu Baiturrahman bertujuan agar peserta didik: terampil dalam berkomunikasi, terampil dalam berkomunikasi, terampil dalam berkelompok, memiliki etika dan moral, santun dan terampil dalam spiritual. Adapun hasil yang dicapai dalam manajemen pembelajaran soft skills ini adalah peserta didik SMA terpadu Baiturrahman mampu meraih 14 penghargaan dalam ajang lomba yang diselenggarakan dari tingkat Jawa barat dan Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran; Soft Skills; SMA Terpadu; Baiturrahman; Bandung |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 3781 not found. |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 07:40 |
Last Modified: | 01 Feb 2018 07:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5683 |
Actions (login required)
View Item |