Pengaruh metode KQM (Kauny Quantum Memory) terhadap kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung

Arifudin, M. Irfan (2022) Pengaruh metode KQM (Kauny Quantum Memory) terhadap kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits: Penelitian quasi eksperimen pada siswa kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa untuk menghafal pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Hal ini disebabkan siswa tampak jenuh dan mengalami kesulitan dalam menghafal, sehingga tidak ada bergairah dan antusias ketika siswa disuruh menghafal masih banyak siswa yang menghafal dengan asal-asalan, takut untuk tes hafalan, bahkan ada yang bersikap acuh seolaholah menghafal bukanlah beban. Oleh sebab itu diperlukan metode yang menarik, seperti metode KQM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Proses penerapan metode KQM pada mata pelajaran Qur’an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung. 2). Hasil kemampuan menghafal siswa yang menggunakan metode KQM dengan yang tidak menggunakan pada mata pelajaran Qur’an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung. 3). Sejauh mana pengaruh penerapan metode KQM terhadap kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung. Kemampuan menghafal siswa dipengaruhi oleh metode yang diterapkan, antara lain metode KQM, dengan metode KQM akan lebih mudah bagi siswa dengan kekuatan visual yang kuat sehingga siswa bisa seolah-olah masuk dengan cerita yang ada dalam ayat-ayat Al-Qur'an setiap kali menghafal Al-Qur'an. Oleh sebab itu hipotesis yang diajukan ialah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode KQM terhadap kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1). Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. 2). Jumlah responden 50 siswa dari Kelas VII B dan E Miftahul Falah Bandung. 3). Tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara merupakan alat pengumpulan data. 4). Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif kuantitatif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Proses penerapan metode KQM pada pembelajaran Qur’an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung, terlaksana dengan baik dengan memperoleh nilai presentase 76%. 2). Hasil kemampuan menghafal siswa yang menggunakan metode KQM dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadits memperoleh rata-rata skor post-test 66,15. Sebaliknya, kelompok kontrol memiliki rata-rata nilai post-test 39,79. 3). Pengaruh penerapan metode KQM terhadap kemampuan menghafal siswa pada kelas eksperimen memperoleh mean rank 35,00 terdapat perbedaan dengan kelas kontrol yang memperoleh mean rank 15,21. Diperjelas dengan uji Mann Whitney, bahwa nilai probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.00 yang berarti < 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, dapat diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode KQM terhadap kemampuan hafalan siswa pada mata pelajaran Qur'an Hadits di kelas VII MTs Miftahul Falah Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode KQM (Kauny Quantum Memory); Kemampuan Menghafal Siswa; Qur’an Hadits;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Analysis, Theory of Functions > Other Analytic Methods
Heat > Effects of Heat on Matter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Irfan Arifudin
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:30
Last Modified: 15 Sep 2022 07:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56863

Actions (login required)

View Item View Item