Pengaruh beban umum & administrasi dan beban penjualan terhadap Laba tahun berjalan pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk Periode 2012-2021

Ulfa, Siti (2022) Pengaruh beban umum & administrasi dan beban penjualan terhadap Laba tahun berjalan pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk Periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan Laba Tahun Berjalan digunakan sebagai alat untuk menilai keberhasilan kinerja suatu perusahaan, semakin besar laba yang di dapatkan maka semakin baik pula kinerja perusahaan tersebut. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi naik turunnya laba adalah pendapatan dan beban-beban yang tercantum dalam laporan laba rugi. Seperti yang telah di paparkan, bahwa laba dipengaruhi oleh beban-beban yang dikeluarkan, sehingga laba akan naik jika jumlah beban yang dikeluarkan sedikit, begitu pula sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh Beban Umum & Administrasi terhadap Laba Tahun Berjalan secara parsial; pengaruh Beban Penjualan terhadap Laba Tahun Berjalan secara parsial; pengaruh Beban Umum & Administrasi dan Beban Penjualan terhadap Laba Tahun Berjalan secara simultan. Penelitian ini mengacu pada teori yang mengatakan bahwa laba bersih adalah selisih lebih pendapatan atas beban-beban dan merupakan kenaikan bersih atas modal yang berasal dari kegiatan usaha. Di dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendakatan kuantitatif. Data yang digunakan yakni data sekunder yang diperoleh dari website resmi perusahaan https://www.chandra-asri.com oleh PT Chandra Asri Petrochemical Tbk Periode 2012-2021. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, dan analisis asosiatif (regresi linier, uji korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis). Merujuk pada hasil analisis dan pengujian statistik yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan: Beban Umum & Administrasi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Tahun Berjalan dengan perolehan nilai koefisien determinasi sebesar 13,8% sedangkan sisanya sebesar 86,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini; Beban Penjualan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Tahun Berjalan dengan perolehan nilai koefisien determinasi sebesar 5,1% sedangkan sisanya sebesar 94,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini; Beban Umum & Administrasi dan Beban Penjualan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Tahun Berjalan dengan perolehan nilai koefisien determinasi sebesar 15,1% sedangkan sisanya sebesar 84,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Beban Umum & Administrasi; Beban Penjualan; Laba Tahun Berjalan
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Personal Finance
Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Siti Ulfa
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:52
Last Modified: 15 Sep 2022 05:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56882

Actions (login required)

View Item View Item