Program CSR PT. Unilever Indonesia Tbk “Komunitas Ibu Bercahaya” dalam Mempertahankan Citra Perusahaan

Mardiyyah, Salik (2014) Program CSR PT. Unilever Indonesia Tbk “Komunitas Ibu Bercahaya” dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BABI)
4_BAB1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis dewasa ini dihadapkan pada persaingan ketat untuk mempertahankan eksistensinya di mata publik. PT. Unilever Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan yang memiliki reputasi internasional dan bergerak dalam bisnis yang berskala besar. PT.Unilever berusaha menjadi perusahaan yang memiliki citra positif di mata publik. Salah satu upaya PT.Unilever untuk menjaga citra positifnya di mata publik adalah melalui program CSR Komunitas Ibu Bercahaya. Pelaksanaan program CSR Komunitas Ibu Bercahaya diharapkan menjadi sarana publik untuk melihat itikad baik perusahaan dalam menunjukkan tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat dan lingkungan. Walaupun pada akhirnya program CSR itu sendiri akan diarahkan pada tujuan perusahaan dalam meraih manfaat berupa nilai ekonomis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya perusahaan dalam merancang program CSR Komunitas Ibu Bercahaya di wilayah Bandung, untuk mengetahui bentuk program CSR PT.Unilever Indonesia Tbk “Komunitas Ibu Bercahaya” di wilayah Bandung dan untuk mengetahui implementasi program CSR PT. Unilever Indonesia Tbk “Komunitas Ibu Bercahaya” di wilayah Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan landasan konseptual yang berkaitan dengan keterkaitan program CSR dalam mempertahankan citra perusahaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dokumentasi serta studi pustaka yang menunjang informasi mengenai program CSR Komunitas Ibu Bercahaya. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang, 2 orang merupakan Duta Ibu Bercahaya yaitu Bapak Rizky Nugraha dan bapak Yuri Buana, dan dua orang trainer yaitu Ibu Tri Pujianti dan Ibu Nita Afrianty Sari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, program CSR Komunitas Ibu Bercahaya berupaya menjadi program yang efektif dalam mempertahankan citra PT.Unilever yang dirancang dengan matang melalui proses diantaranya, melakukan kemitraan, penentuan konsep kegiatan, penelitian masalah, penentuan bentuk publikasi program, survey lapangan dan meeting berkala. Kedua, bentuk program Komunitas Ibu Bercahaya ini termasuk dalam bidang sosial dan lingkungan yang menyesuaikan pada hasil penelitian mengenai permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat. Ketiga, implementasi program CSR Komunitas Ibu Bercahaya melewati tiga tahap yaitu perencanaan program agar terkonsep dengan baik, pelaksanaan yaitu berupa penyuluhan dan aksi sadar lingkungan dan evaluasi melalui in house training, pemantauan melalui website dan laporan mingguan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: General Management > Management for Enterprises
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 05:17
Last Modified: 03 Jul 2018 05:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5692

Actions (login required)

View Item View Item