Pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Net Income Margin terhadap Return On Assets di PT. Bank Muamalat Tbk Periode 2011-2021

Sulaikhah, Siti (2022) Pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Net Income Margin terhadap Return On Assets di PT. Bank Muamalat Tbk Periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (2).pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (2).pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (2).pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (2).pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Bank syariah media penghimpun dan penyalur dana. Return On Assets sebagai rasip profitabilitas sebagai pendukung keuangan agar kepercayaan klien meningkat. Faktor yang mempengaruhi Return On Assets adalah Capital Adequacy Ratio dan Net Income Margin. Dimana keduanya berbanding lurus terhadap ROA, jika didapati kenaikan maka akan diikuti oleh ROA begitupun sebaliknya. Didapati ketidaksesuaian antara teori dengan kasus di lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Besarnya pengaruh Capital Adequacy Ratio secara parsial terhadap Return On Assets pada PT. Bank Muamalat Tbk.; 2) Besarnya pengaruh Net Income Margin secara parsial terhadap Return On Assets pada PT. Bank Muamalat Tbk.; 3) Besarnya pengaruh Capital Adequacy Ratio dan Net Income Margin secara simultan terhadap Return On Assets pada PT. Bank Muamalat Tbk. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah Capital Adequacy Ratio sebagai rasio kinerja bank dalam mengukur kecukupan modal yang dimiliki dan Net Income Margin menunjukkan kemampuan manajemen bank dalam mengelola sumber daya untuk mendapatkan pendapatan bunga bersih yang berdampak terhadap besarnya Return On Assets semakin tinggi Return On Assets semakin baik kinerja keuangan perusahaan karena mencerminkan semakin baik keuntungan yang dicapai oleh perusahaan. Yang menjadi pertimbangan investor dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Financial Report PT. Bank Muamalat Tbk. Periode Tahun 2011-2021 melalui website www.bankmuamlat.co.id. Teknik yang digunakan dalam penellitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisisen determinasi, dan pengujian hipotesis berupa uji t dan uji f. Berdasarkan pengkajian yang telah dilakukan didapati 1) Capital Adequacy Ratio Secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets dengan Y = 1,001 -0,036 X1 dan nilai R Square 4%; 2) Net Income Margin secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets dengan Y = -0,694+ 0,381 X2, dan nilai R Square 67,9%; 3) Capital Adequacy Ratio dan Net Income Margin secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets yaitu Y = -0,866 + 0,010 X1 + 0,389 X2, dengan nilai F hitung 8,570 > F tabel 4,46 dan nilai R Square 68,2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Net Income Margin (NIM); dan Return On Assets (ROA).
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Siti Sulaikhah
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:45
Last Modified: 19 Sep 2022 04:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56950

Actions (login required)

View Item View Item