Pengaruh utang klaim dan utang reasuransi terhadap laba bersih pada PT.Prudential Life Assurance Unit Syariah periode 2011-2021

Erita, Salsabila (2022) Pengaruh utang klaim dan utang reasuransi terhadap laba bersih pada PT.Prudential Life Assurance Unit Syariah periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Pihak perusahaan asuransi memerlukan sejumlah dana untuk membayar utang, yakni utang klaim dan utang reasuransi. Utang berpengaruh negatif terhadap laba perusahaan, karena semakin besar penggunaan utang maka akan semakin besar kewajiban perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui pengaruh utang klaim secara parsial terhadap laba bersih; 2) Untuk mengetahui pengaruh utang reasuransi secara parsial terhadap laba bersih; 3) Untuk mengetahui pengaruh utang klaim dan utang reasuransi secara simultan terhadap laba bersih. Kerangka Berpikir dalam penelitian ini adalah menyatakan bahwa ketika terjadi peningkatan utang klaim dan utang reasuransi, maka laba bersih perusahaan akan menurun, sebaliknya ketika utang klaim dan utang reasuransi mengalami penurunan, maka laba bersih perusahaan akan naik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh yakni Financial Report PT. Prudential Life Assurance Unit Syariah Indonesia Perode 2011-2021 yang dipublikasi melalui website www.prudential.co.id. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis kuantitaf berupa regresi linier, uji korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis berupa Uji t dan Uji F. Merujuk pada perolehan analisis serta pengujian statistik akan data yang telah dikaji; 1) Utang Klaim (X1) secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih (Y) dilihat dari hubungan antara Utang Klaim Terhadap Laba Bersih adalah sebesar 94,98%. 2) Utang Reasuransi (X2) secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih (Y) dilihat dari hubungan antara Utang Reasuransi Terhadap Laba Bersih adalah sebesar 92,2% 3) Utang Klaim (X1) dan Utang Reasuransi (X2) secara simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih (Y) dilihat dari hubungan antara Utang Klaim dan Utang Reasuransi terhadap Laba Bersih adalah sebesar 92,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Utang Klaim; Utang Reasuransi; dan Laba Bersih
Subjects: Islam > Islam and Economics
Financial Economics, Finance
Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Salsabila Erita
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:31
Last Modified: 16 Sep 2022 05:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56984

Actions (login required)

View Item View Item