Strategi penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah (ZIS) pada masa pandemi covid-19 di badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kabupaten Ciamis

Randhani, Ramdhani (2022) Strategi penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah (ZIS) pada masa pandemi covid-19 di badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy

Abstract

BAZNAS Kabupaten Ciamis merupakan sebuah lembaga yang berwenang untuk menghimpun dan menyalurkan dana zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) di wilayah Kab. Ciamis. Merebaknya virus covid-19 ditengah masyarakat dalam beberapa tahun kebelakang ini, memunculkan masalah baru bagi perekonomian masyarakat. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi BAZNAS Kab. Ciamis untuk dapat memaksimalkan potensi ZIS yang dimiliki lalu dapat menghimpun dan menyalurkannya pada masyarakat secara efektif. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Ciamis dalam rangka menghimpun dan menyalurkan dana ZIS pada masa pandemi covid-19 serta seberapa besar tingkat efektivitas dalam penghimpunan dan penyaluran dana ZIS tersrbut. Penelitian ini menguunakan kajian teori (Yani,2018), dalam strategi penghimpunan maupun penyaluran dana ZIS yang masyarakat salurkan kepada pengelola zakat harus dilandasi kepercayaan pada organisasinya maka semakin tinggi tingkat sosial masyarakat yang merupakan calon donatur potensial maka semakin tinggi pula tingkat kepercayaan yang harus dibangun oleh pengelola agar bisa mendapatkan dana ZIS dari mereka. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan oleh penulis yaitu data primer yang berasal langsung dari subjek penelitian dengan metode wawancara pada Sekretaris dan Kadiv Penghimpunan & penyaluran ZIS guna mendapatka data yg kredibel dan akurat, lalu data sekunder yang meliputi data-data, arsip pendukung, serta buku, artikel yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian ini adalah bahwa 1) Strategi penghimpunan yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Ciamis dengan: pendekatan kepada pemerintah untuk memaksimalkan penghimpunan pada ASN, menambah dan memperluas jumlah UPZ disetiap desa, penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat mengenai urgensi berzakat, memaksimalkan media social sebagai sarana kampenye dan mengintegrasikan penghimpunan manual ke digital. 2) Strategi penyaluran yaitu: disalurkan melalui 5 program yang dimiliki BAZNAS, bentuk bantuan yang diberikan bersifat sesaat/konsumtif dan bantuan pemberdayaan/produktif, dalam penyaluran tersebut dapat dilakukan secara langsung oleh BAZNAS dan tidak langsung oleh UPZ, dalam segala bentuk penyaluran sesuai dengan protokol dan berkoordinasi dengan satgas covid-19. 3) Efektivitas dalam dalam proses penyaluran dan penghimpunan ZIS ialah efektif dikarenakan telah memenuhi target dengan tercapainya peningkatan dan penyaluran dana ZIS dari tahun ke tahun walaupun diterpa pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Penghimpunan; Penyaluran; ZIS
Subjects: Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ramdhani Ramdhani
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:47
Last Modified: 16 Sep 2022 05:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56991

Actions (login required)

View Item View Item