Mekanisme penyelesaian dan penanganan kredit macet pembiayaan mikro dengan akad murabahah di Bank Syariah Indonesia Purwakarta kantor cabang Gandanegara

Widonarko, Satrio Adi (2022) Mekanisme penyelesaian dan penanganan kredit macet pembiayaan mikro dengan akad murabahah di Bank Syariah Indonesia Purwakarta kantor cabang Gandanegara. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perbankan Syariah merupakan salah satu dari lembaga keuangan yang memberi pelayanan yang sesuai dengan syariat islam, untuk membanti masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup agar menjadi lebih baik lagi perekonomiannya. yang menjadi salah satu pelayanan bank syariah yaitu dengan pembiayaan murabahah bentuk jual beli dengan adanya komisi atau suatu bentuk penjualan barang dengan harga awal ditambahkan dengan keuntungan yang sudah disepakati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Mekanisme Penyelesaian dan Penanganan Kredit Macet Pembiayaan Mikro Dengan Akad Murabahah di Bank Syariah Indonesia Purwakarta Kantor Cabang Ganda Negara, Untuk mengetahui faktor terjadinya kredit macet dalam pembiayaan mikro dengan akad murabahah di Bank Syariah Indonesia Purwakarta KC GandaNegara serta untuk mengetahui solusi penyelesaian dan penanganan kredit macet dalam pembiayaan mikro dengan akad Murabahah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Ganda Negara. Penelitian ini menggunakan kajian teori tentang penyelesaian dan penanganan kredit bermasalah menurut Afif menyatakan bahwa terdapat tiga indikator tentang penyelesaian kredit bermasalah ini diantaranya, Penyelesaian Melalui Eksekusi Jaminan, Penyelesaian lewat Badan Arbitrase Syariah Nasional, Penyelesaian lewat litigasi. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis ialah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam metode penelitian ini, penulis meninjau objek penelitian secara langsung serta melakukan observasi lapangan dan juga melakukan wawancara langsung dengan Micro Marketing Manager. Jenis data yang digunakan oleh penulis ialah data primer yang berasal langsung dari subjek penelitian dengan metode wawancara pada salah satu karyawan Bapak Yani sebagai jabatan Micro Marketing Manager, lalu data sekunder yang meliputi data-data, arsip pendukung, serta buku-buku yang berkaitan dengan dengan pokok pembahasan. Hasil penelitian yang dilakukan penulis pada Bank Syariah Indonesia Purwakarta Kantor Cabang Ganda Negara bahwa Mekanisme Penyelesaian dan Penanganan Kredit Macet Pembiayaan Mikro Dengan Akad Murabahah sudah sesuai dengan prosedur yang ada, permohonan, verifikasi data, survei ke lokasi, persetujuan pembiayaan, penandatangan akad, dan pencairan dana. Faktor penyebab dari kredit bermasalah pada pembiayaan mikro yang pertama, karakter nasabah, kedua, kondisi usaha menurun, ketiga, jaminan tidak bisa mengcover. Solusi yang diterapkan oleh Bank Syariah Indonesia Purwakarta adalah Surat Peringatan (SP), Rescheduling (Penjadwalan Kembali), Reconditoning (Persyaratan Ulang), dan Menjadwalkan Kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mikro; Kredit Macet; Murabahah
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Satrio Adi Widonarko
Date Deposited: 16 Sep 2022 05:49
Last Modified: 16 Sep 2022 05:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57062

Actions (login required)

View Item View Item