Amelia, Lia (2022) Pengaruh pendekatan Science-Technology-Religion-Engineering-Arts-Mathematics (STREAM) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi daur ulang limbah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
Abstract
Tuntutan keterampilan abad 21 mendorong pendidik untuk mengimplementasikan pembelajaran yang menunjang pengembangan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendekatan STREAM terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain non-equivalent control group. Instrumen penelitian meliputi: lembar observasi keterlaksanaan, soal tes, rubrik beserta lembar observasi asesmen kinerja produk, dan angket respon siswa. Sampel dipilih melalui purposive sampling terdiri dari 30 orang siswa kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas kontrol di salah satu MAN di kabupaten Subang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan guru dan siswa diperoleh nilai persentase 98,4% dan nilai persentase 94,7% (sangat baik). Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai N-gain 0,69 dan 0,51 (sedang). Asesmen kinerja terhadap produk mikroorganisme lokal (MOL) kelas eksperimen sebesar 43% (sangat baik dan cukup) sedangkan kelas kontrol sebesar 86% (cukup). Respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan STREAM tergolong dalam kategori baik dengan persentase 83,75%. Hasil uji statistik diperoleh sig (0,005) < (0,05). Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan STREAM terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kreatif; Daur Ulang Limbah; STREAM |
Subjects: | Education, Research Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lia Amelia |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 01:10 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 01:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57196 |
Actions (login required)
View Item |