Bimbingan keagamaan melalui pengajian rutin untuk meningkatkan kesadaran beragama masyarakat di Desa Cipendawa Kecamatan Pacet Kabupaen Cianjur

Nurfadillah, Az Zahra Fikriyatun (2022) Bimbingan keagamaan melalui pengajian rutin untuk meningkatkan kesadaran beragama masyarakat di Desa Cipendawa Kecamatan Pacet Kabupaen Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy

Abstract

Pengajian rutin merupakan salah satu kegiatan bimbingan keagamaan yang dilaksanakan di dua masjid bertempat di Desa Cipendawa. Masyarakat setempat memiliki satu permasalahan yang dihadapi yaitu permasalahan mengenai kesadaran beragama yang rendah. Maka, dengan adanya permasalahan tersebut kegiatan bimbingan keagamaan melalui pengajian rutin diilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran beragama masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui bagaimana kondisi kesadaran beragama masyarakat Desa Cipendawa Kec. Pacet Kab. Cianjur. 2). Untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan bimbingan keagamaan yang dilakukan melalui kegiatan pengajian rutin di masjid jam’i Al-Huda dan masjid jam’i Al-Hikmah untuk meningkatkan kesadaran beragama masayarakat Desa Cipendawa Kec. Pacet Kab. Cianjur. 3). Untuk mengetahui bagaimana hasil dari bimbingan keagamaan yang dilakukan melalui kegiatan pengajian rutin untuk meningkatkan kesadaran beragama masyarakat Desa Cipendawa Kec. Pacet Kab. Cianjur. Penelitin ini berlandaskan pada teori bimbingan keagamaan yang dikemukakan oleh Sutoyo menjelaskan bahwa bimbingan keagamaan merupakan suatu upaya yang digunakan untuk membantu individu dalam belajar mengembangkan fitrah Iman maupun untuk mengembalikan fitrah Iman yang ada pada dirinya. Dan juga teori kesadaran beragama merupakan teori yang menjelaskan suatu kondisi sadar , peduli, dan ingin tahu terhadap nilai-nilai luhur agama yang diyakini dengan benar berdasarkan pada aspek nilai, sikap dan perilaku yang diimplementasikan dalam suatu praktek ibadah sesuai dengan aturan dalam agama. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan sosiocultur dengan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu paradigma konstruktivisme dengan menggunakan metode deskriptif yaitu suatu cara yang bertujuan menguraikan karakteristik suatu kejadian pada waktu tertentu atau sekarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi langsung dan wawancara yang akan menghasilkan suatu data berupa data verbatim yaitu data yang lengkap yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara tanpa adanya penambahan ataupun pengurangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kesadaran beragama yang di miliki oleh masyarakat di Desa Cipendawa mengamai peningkatan setelah masyarakat mengikuti kaegiatan bimbingan keagamaan melalui pengajian rutin di dua masjid tersebut yaitu masjid jam’i Al-Huda dan masjid jam’i Al-Hikmah. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya ketiga aspek kesadaran beragama yaitu aspek afektif dan konatif, aspek kognitif dan aspek motorik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Pengajian Rutin; Kesadaran Beragama
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Az Zahra Fikriyatun
Date Deposited: 19 Sep 2022 05:18
Last Modified: 19 Sep 2022 05:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57294

Actions (login required)

View Item View Item