Strategi Digital Public Relations Diskominfo kota Sukabumi dalam mewadahi aspirasi masyarakat pada aplikasi E-LAPOR : Studi deskriptif kualitatif pada aplikasi E-LAPOR Diskominfo Kota Sukabumi

Krisdianti, Risma (2022) Strategi Digital Public Relations Diskominfo kota Sukabumi dalam mewadahi aspirasi masyarakat pada aplikasi E-LAPOR : Studi deskriptif kualitatif pada aplikasi E-LAPOR Diskominfo Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Teknologi digital saat ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai organisasi untuk memudahkan dalam penerimaan pesan dari publik terhadap Organisasi, agar pesan dapat di sampaikan secara efektif dan efesien. E-LAPOR menjadi salah satu media yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan. Hal ini dibuktikan dengan pengaduan yang disampaikan oleh masyarkat melalui aplikasi E-LAPOR sebagai bentuk kontribsi masyarakat dalam membangn Kota Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi digital public relations Diskominfo Kota Sukabumi dalam mewadahi aspirasi masyarakat pada Aplikasi E-LAPOR. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data primer dan sekunder melalui teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep Manajemen POAC yang di gagas oleh George R.Terry dengan empat indikator, yaitu perencanaan (planning), penggornasisaisan (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling). Berdasarkan hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa Diskominfo Kota Sukabumi dalam melakukan strategi digital public relations dalam meawadahi Aspirasi Masyarakat pada Aplikasi E-LAPOR selaras dengan konsep manajemen POAC, dengan indikator sebagai berikut: yang pertama tahap planning: Diskominfo Kota Sukabumi merumuskan masalah sebelum lalu menetapkan tujuan yang akan dilaksanakan. Kedua tahap organizing, Diskominfo Kota Sukabumi memilih sumber daya manusia yang kredibel sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan apliaksi E-LAPOR untuk rmeminimalisir rintangan dan hambatan yang mungkin akan terjadi pada lingkup internal; Ketiga, tahap actuating : Diskominfo Kota Sukabumi melakukan pelaksanaan strategi digital public relations dengan menggunkan pengaduan langsung melalui aplikasi E-LAPOR dan pengaduan melalui SMS LAPOR. Keempat tahap controlling: Diskominfo Kota Sukabumi mengamati aplikasi E-LAPOR dengan melakukan pengawasan harian, bulanan, triwulan dan tahunan. Jumlah pengaduan yang masuk menjadi tolak ukur keberhasilan dalam melakukan startegi digital public relations. ENGLISH : Digital technology is now widely used by various organizations and institutions to facilitate the delivery of messages from the public to organizations. This supports the main task of public relations in conveying and receiving information to the public effectively and efficiently. E LAPOR is one of the media that can be used by the public in conveying their aspirations and complaints. This is evidenced by the complaints submitted by the community through the E LAPOR application as a form of community contribution in developing the city of Sukabumi. This study aims to find out how the Digital Public Relations Strategy of the Communication and Information Technology of Sukabumi City in accommodating the aspirations of the community in the E LAPOR application. This research was conducted using constructivism paradigm with a qualitative approach. The method used is descriptive qualitative with primary and secondary data through data collection techniques, namely in-depth interviews, observation and documentation. This research was the POAC Management Concept which was initiated by Geore R Terry with four indicators, namely planning, organizing, and implementing. actuating) and controlling. Based on the results of the study, it can be revealed that the Sukabumi City Communication and Information Agency in carrying out a digital public relations strategy in accommodating community aspirations in the E LAPOR application is in line with the POAC management concept, with the following indicators: the first is the planning stage: Sukabumi City Diskominfo formulates problems before planning to be implemented , then set a goal; the second stage of organizing, Diskominfo Sukabumi City selects credible human resources in accordance with the needs needed in the implementation of the E LAPOR application to minimize obstacles that may occur in the internal scope; third, the actuating stage: the Sukabumi City Communication and Information Office implements a digital public relations strategy by using complaints through the E LAPOR application and complaints via SMS LAPOR. The four stages of controlling: The Sukabumi City Communication and Information Office observes the E LAPOR application by conducting daily, monthly, quarterly and annual monitoring. The number of incoming complaints is a measure of success in carrying out digital public relations strategies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas; E-LAPOR; Digital Public Relations;
Subjects: Administration of Economy
Office Services > Computer Application for Office Management
Accounting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Risma Krisdianti
Date Deposited: 22 Sep 2022 00:48
Last Modified: 22 Sep 2022 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57367

Actions (login required)

View Item View Item