Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelayanan jasa joki prakerja di Desa Losari Lor Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon

Amaliah, Rizkiyanti (2022) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelayanan jasa joki prakerja di Desa Losari Lor Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy

Abstract

Jasa Joki Prakerja merupakan jasa mewakilkan atau menggantikan seseorang untuk melaksanakan proses kegiatan dari program Kartu Prakerja yang diselenggarakan pemerintah. Pelayanan Jasa Joki Prakerja diminati karena memudahkan dalam mengerjakan program Kartu Prakerja. Salah satu penyedia Jasa Joki Prakerja di Desa Losari Lor, membuka pelayanan Jasa Joki Prakerja dikarenakan banyaknya permintaan masyarakat sekitar untuk mengerjakan pelatihan program Kartu Prakerja. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan praktik pada pelayanan Jasa Joki Kartu Prakerja yang ada di Desa Losari lor Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon. 2) mengetahui harmonisasi Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan pelayanan jasa Joki Kartu Prakerja yang ada di Desa Losari lor Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon Dari segi Hukum Ekonomi Syariah, pelayanan Jasa Joki Prakerja termasuk kepada akad wakalah bi al-ujrah yang merupakan akad pelimpahan kekuasaan kepada orang lain disertai pemberian upah. Secara praktik, pelayanan Jasa Joki Prakerja tidak menimbulkan kerugian, akan tetapi pada pelaksanaannya, pelatihan dalam program Kartu Prakerja yang seharusnya dikerjakan oleh perserta Kartu Prakerja dikerjakan oleh joki Kartu Prakerja. Sehingga praktik tersebut mengarah kepada perbuatan tidak jujur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analisis. Selain itu jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif dengan menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini merupakan data hasil wawancara penulis dengan narasumber yaitu salah satu penyedia Jasa Joki Prakerja di Desa Losari Lor dan beberapa pengguna Joki Prakerja tersebut. Sedangkan data sekunder penelitian ini merupakan data berupa dokumentasi, buku-buku, peraturan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan praktik pelayanan Jasa Joki Prakerja. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Pelaksanaan layanan Jasa Joki Prakerja bertujuan untuk mempermudah dalam mencairkan dana insentif pada program Kartu Prakerja, pembayaran Jasa Joki Prakerja di Desa Losari Lor dilakukan setelah pencairan dana insentif pertama sebesar Rp.200.000.-, pelatihan yang dipilih dalam menyelesaikan program tersebut merupakan pelathan untuk UMKM 2) Berdasarkan Hukum Ekonomi Syariah yang diatur dalam Fikih Muamalah, bahwa status hukum pelaksanaan pelayanan Jasa Joki Prakerja di Desa Losari Lor Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon dibolehkan karena tujuan dari pelaksanaan Jasa Joki Prakerja adalah untuk mempermudah peserta Kartu Prakerja untuk mendapatkan insentif pada program tersebut. Bukan membantu peserta Kartu Prakerja untuk mendapatkan sertifikat agar dapat mempermudah mendapatkan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Jasa Joki; Kartu Prakerja; Wakalah bil al-ujrah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: rizkiyanti amaliah
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:04
Last Modified: 20 Sep 2022 07:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57424

Actions (login required)

View Item View Item