Tanggapan siswa terhadap penggunaan media E-book dalam pembelajaran hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian pada siswa kelas X SMK Bani Abdul Malik Bandung Barat

Tusa’diah, Mabita Halimah (2022) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media E-book dalam pembelajaran hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti : Penelitian pada siswa kelas X SMK Bani Abdul Malik Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMK Bani Abdul Malik. Ditemukan bahwa guru menggunakan media e-book dalam pembelajaran sebagai salah satu upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Namun, tidak dapat dibantah masih ditemukan siswa yang rendah motivasi belajarnya pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti seperti kurangnya kehadiran, partisipasi aktif dan kurangnya kesadaran siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas tanggapan siswa kelas X SMK Bani Abdul Malik Bandung Barat terhadap penggunaan media e-book dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, 2) Realitas motivasi belajar siswa kelas X SMK Bani Abdul Malik Bandung Barat pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, 3) Hubungan tanggapan siswa kelas X SMK Bani Abdul Malik Bandung Barat dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu faktor motivasi dalam pembelajaran didukung dengan munculnya tanggapan positif atau negatif dari siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan media e-book dalam pembelajaran dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Pendekatan yang digunakan dalam adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi yang digunakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan seberapa signifikan hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan media e-book dalam pembelajaran dengan motivasi belajar mereka. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, memberikan hasil yang membuktikan bahwa: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan media E-book dalam pembelajaran PAI dan Budi pekerti diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,91 yang diinterpretasikan berada pada skala 3,40 – 4,19 berkategori tinggi. 2) Realitas motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,20 yang diinterpretasikan berada pada skala 4,20 – 5,00 berkategori sangat tinggi. 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan media e-book dalam pembelajaran hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti memperoleh nilai korelasi sebesar 0,45 yang diinterpretasikan berada pada skala 0,40 – 0,70 berkategori sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 1,578 dan ttabel sebesar 0,396 yang dapat diartikan bahwa thitung > ttabel H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat hubungan tanggapan siswa kelas X SMK Bani Abdul Malik Bandung Barat terhadap penggunaan media e-book dalam pembelajaran dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; E-Book; Motivasi
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mabita Halimah Tusadiah
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:27
Last Modified: 23 Sep 2022 07:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57481

Actions (login required)

View Item View Item