Penerapan PDF Flip Builder pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru terhadap peningkatan prestasi peserta didik : Penelitian kuasi eksperimen Kelas XI di SMAN 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi

Salmani, Siti Mimbi (2022) Penerapan PDF Flip Builder pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru terhadap peningkatan prestasi peserta didik : Penelitian kuasi eksperimen Kelas XI di SMAN 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_over.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh keterangan bahwa di SMAN 1 Parungkuda masih menggunakan bahan ajar berbasis buku cetak, keterbatasan jumlah buku cetak diperpustakaan mengakibatkan peserta didik tidak sepenuhnya memiliki buku sebagai bahan ajar. Selain itu satu buah buku cetak memiliki berat yang cukup besar jika setiap hari peserta didik harus membawa minimal 4 buku cetak sebagai bahan ajar pada mata pelajaran dihari tersebut, ditambah buku catatan dan perlengkapan sekolah lainnya. Hal ini menjadi latar belakang peneliti untuk menerapkan bahan ajar digital berbasis PDF Flip Builder. Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan menuntut berbagai aspek dan kalangan untuk lebih cerdas dalam memanfaatkan serta mengikuti perkembangan jaman. Peserta didik pada sekolah menengah atas diera digital ini dalam kesehariannya tak luput dari gawai, mereka lebih sering memainkan gawai dari pada buku pelajaran, untuk tetap menjaga eksistensi pembelajaran dikalangan remaja SMA guru bisa memanfaatkan teknologi, bahan ajar berbasis digital ini bisa menjadi inovasi baru dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik, salah satunya adalah bahan ajar berbasis PDF Flip Builder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) desain bahan ajar berbasisi PDF Flip Builder, 2) proses penerapan PDF Flip Builder pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, serta 3) peningkatan prestasi dari hasil diterapkannya bahan ajar berbasis PDF Flip Builder. Berdasarkan teori yang ada bahwa peningkatan prestasi peserta didik dipengaruhi oleh bahan ajar. Pada penelitian ini peneliti menerapkan bahan ajar berbasisi PDF Flip Builder pada mata pelajaran PAI-BP yang diasumsikan dapat meningkatkan prestasi peserta didik. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan prosedur One Group Pretest Posttest Design. 2) Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 di SMAN 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi yang berjumlah 31 orang. 3) Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu tes, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan: 1) desain bahan ajar berbasis PDF Flip Builer dapat disusun dengan baik sehingga bisa diterapkan kepada siswa kelas XI MIPA 3 di SMAN 1 Parungkuda. 2) Proses penerapan PDF Flip Builder berada pada kategori baik dengan rata-rata hasil observasi guru sebesar 88,5% angka tersebut ada pada interval 80-90%. 3) Peningkatan prestasi peserta didik berada pada kategori rendah berdasarkan hasil peninilaian uji N-Gain memperoleh skor 0,30. Kemudian berdasarkan hasil uji “t” paired samples test dengan perolehan nilai signifikansi 2-talled (0,002) < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya bahan ajar berbasis PDF Flip Builder.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PDF Flip Builder; Bahan Ajar; Peningkatan Prestasi
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: Siti Mimbi Salmani
Date Deposited: 21 Sep 2022 00:24
Last Modified: 21 Sep 2022 00:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57516

Actions (login required)

View Item View Item