Sintesis dan karakterisasi NiO dari limbah baterai Ni-Cd melalui proses sol gel dan aplikasinya untuk degradasi metilen biru secara fotokatalisis

Sari, Widia (2022) Sintesis dan karakterisasi NiO dari limbah baterai Ni-Cd melalui proses sol gel dan aplikasinya untuk degradasi metilen biru secara fotokatalisis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan perangkat elektronik yang semakin meningkat telah menciptakan peningkatan permintaan baterai, sehingga menimbulkan kekhawatiran tentang pembuangan baterai tersebut setelah masa pakainya. Daur ulang limbah baterai Ni-Cd merupakan salah satu cara untuk mengurangi permasalahan limbah baterai. Baterai Ni-Cd mengandung komposisi Ni dan Cd, maka dapat disintesis sebagai NiO (Nikel (II) Oksida). NiO adalah senyawa yang menarik karena banyak manfaatnya di berbagai bidang seperti sensor gas, superkapasitor, bahan magnet, semikonduktor, katoda baterai, anoda sel bahan bakar oksida padat, obat-obatan, dan katalis. NiO dapat diaplikasikan sebagai semikonduktor fotokatalis dalam mendegradasi limbah pewarna organik, salah satunya Metilen Biru. Penelitian ini dilakukan daur ulang elektroda positif limbah baterai Ni-Cd menggunakan asam sitrat sebagai agen pelindian dan menggunakan metode sol gel. NiO disintesis menggunakan prekursor gel yang dikalsinasi pada suhu 400℃ selama 2 jam. Hasil karakterisasi menggunakan XRD menunjukkan fasa NiO dengan ukuran kristal sebesar 39,12 nm berdasarkan perhitungan menggunakan persamaan Scherrer. NiO hasil analisis SEM menunjukkan bahwa NiO memiliki morfologi nanosphere dengan ukuran partikel sebesar 24,59 ± 0,305 nm. Hasil UV-DRS menunjukkan celah pita NiO sebesar 3,62 eV. Untuk aplikasi penanganan Metilen Biru secara fotokatalisis, kondisi optimum dari NiO dalam mendegradasi metilen biru adalah dengan massa 55 mg, waktu penyinaran selama 90 menit, dengan konsentrasi metilen biru 5 ppm dan sumber cahaya dari sinar matahari sebesar 93,33%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fotokatalis; Limbah Baterai Ni-Cd; Metilen Biru; NiO.
Subjects: Inorganic Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Widia Sari
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:30
Last Modified: 21 Sep 2022 05:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57536

Actions (login required)

View Item View Item