Pengaruh pendapatan premi, beban klaim dan hasil investasi terhadap cadangan dana tabarru’: Studi di PT. Axa Financial Indonesia unit syariah periode 2012-2021

Wardah, Siti Khopipatul (2022) Pengaruh pendapatan premi, beban klaim dan hasil investasi terhadap cadangan dana tabarru’: Studi di PT. Axa Financial Indonesia unit syariah periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan Cadangan Dana Tabarru’ sebagai alat keberhasilan kinerja suatu perusahaan, semakin besar Cadangan Dana Tabarru’ atau surplus underwriting dana tabarru’ maka akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa perusahaan asuransi tersebut termasuk perusahaan yang baik. Hal ini yang mempengaruhi cadangan dana tabarru’, pendapatan premi adalah bertambahnya pendapatan dana tabarru’, dan hasil investasi meningkatkan pendapatan dana tabarru sedangkan beban klaim mengurangi dana tabarru’. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis : 1)Pengaruh Pendapatan Premi secara parsial terhadap Cadangan Dana Tabarru’, 2) Pengaruh Beban Klaim secara parsial terhadap Cadangan Dana Tabarru’ , 3) Pengaruh Hasil Investasi secara parsial terhadap Cadangan Dana Tabarru’, 4) Pengaruh Pendapatan Premi, Beban Klaim dan Hasil Investasi secara simultan terhadap Cadangan Dana Tabarru’. Kerangka berpikir dalam penelitian adalah semakin tinggi Pendapatan Premi dan Hasil Investasi, maka Cadangan Dana Tabarru’ yang diperoleh perusahaan akan meningkat. Sedangkan semakin besar klaim akan menyebabkan pendapatan yang dapat diperoleh perusahaan asuransi menjadi berkurang dan membuat defisit underwriting dana tabarru’akan menurun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan diambil dari laporan keuangan tahunan diperoleh dari PT.AXA Financial Indonesia Unit Syariah. Adapun analisis yang digunakan dengan anaisis uji asumsi klasik, analisis deskriptif dan analisis uji asosiatif, untuk pengolahan data menggunakan SPSS V.25 dan Microsoft Excel sebagai alat bantu. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pendapatan Premi terhadap Cadangan Dana Tabarru’ sebesar 4,5% dengan hasil uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 2,843 > 2,571; 2) Tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan antara Beban Klaim terhadap Cadangan Dana Tabarru’ 2,7% dengan hasil uji hipotesis thitung < ttabel yaitu -1,95< 2,571; 3) Tidak berpengaruh positif dan signifikan antara Hasil Investasi terhadap Cadangan Dana Tabarru’ sebesar 5% dengan hasil uji hipotesis thitung < ttabel yaitu -2.604 < 2,571; 4) Terdapat pengaruh signifikan antara Pendapatan Premi, Beban Klaim dan Hasil Investasi terhadap Cadangan Dana Tabarru’ dengan hasil uji hipotesis Fhitung < Ftabel yaitu 60,986 > 4,76.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendapatan Premi; Beban Klaim; Hasil Investasi; Cadangan Dana Tabarru’;
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Siti Khopipatul Wardah
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:59
Last Modified: 22 Sep 2022 01:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57541

Actions (login required)

View Item View Item