Analisis putusan sengketa ekonomi syariah Pengadilan Agama Cirebon tentang Wanprestasi akad Murabaha di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Cirebon : Perkara nomor 1/Pdtgs/2020/Pacn

Wulandari, Hesti (2022) Analisis putusan sengketa ekonomi syariah Pengadilan Agama Cirebon tentang Wanprestasi akad Murabaha di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Cirebon : Perkara nomor 1/Pdtgs/2020/Pacn. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Pihak bank membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari yang tidak bisa di penuhi dengan menyediakan layanan yang kini banyak nasabah yang bergabung. tetapi pada pelaksaanya sering di temukan sengketa sesuai dengan yang terjadi pada perkara sengketa ekonomi syariah dipengadilan agama cirebon dengan Perkara Nomor 1/ Pdt.G.S/2020/PA.CN. sengketa ini terjadi akibat nsabah tidak memenuhi kewajibannya untuk melunasi angsuran kepada pihak Bank syariah mandiri lalu muncul gugatan untuk diselesaikan secara litigasi. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui struktur dan isi putusan nomor 1/Pdt.G.S/2020/PA.CN pengadilan agama Cirebon dalam gugatan wanprestasi akad pembiayaan , mengetahui dasar pertimbangan Pengadilan Agama Cirebon dalam menetapkan putusan perkara 1/Pdt.G.S/2020/PA.CN, dan mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah pada perkara nomor 1/Pdt.G.S/2020/PA.CN tentang wanprestasi Penyelesaian Sengketa Dalam Akad Murabahah pada pelaksanaan sita jaminan Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan yuridis normatif, jenis pengumpulan datamya di lakukan dengan studi kepustakaan. Serta sumber data yang di ambil yaitu data sekunder diantaranya Fatwa DSN-MUI,KUHPerdata,KHES, dll. Dan Data Primer diperoleh yaitu berupa Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia pada kualifikasi perkara perdata agama dalam pokok perkara sengketa ekonomi syariah yaitu penetapan 1/Pdt.G.S/2020/PA.CN. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa 1) Perkara nomor 1/Pdt.G.S/2020/PA.CN pada penyusunan struktur sudah sesuai dengan ketentuan,lalu pokok sengeketanya gugatan yang berisikan tentang adanya ingkar janji (wanprestasi) oleh salah satu pihak 2) Majelis hakim memberikan dasar pertimbangan dengan bukti-bukti yang di bawa ke persedingan,terutama pengakuan mumi yang dilakukan oleh pihak tergugat sehingga menyebutkan bahwa gugatan yang diakui secara bulat oleh pihak Tergugat 3) pelaksanakan sita jaminan dalam tinjauan hukum ekonomi syariah boleh saja di lakukan dengan landasan di laksanakan untuk mencapai kemaslahatan untuk para pihak, mengacu pada Kemaslahatan,dan menghindari kemadharatan sesuai salah satu kaidah yang berlaku.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sengeketa Ekonomi Syariah; Akad Murabahah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum
Depositing User: Hesti Wulandari
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:46
Last Modified: 22 Sep 2022 04:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57721

Actions (login required)

View Item View Item