Pengaruh bimbingan mental spiritual terhadap regulasi emosi remaja : Penelitian pada santri putri Madrasah Tsanawiyah, di Pondok Pesantren Nurul Iman Cisalak, Kota Subang

Syamsiah, Rita Elly (2022) Pengaruh bimbingan mental spiritual terhadap regulasi emosi remaja : Penelitian pada santri putri Madrasah Tsanawiyah, di Pondok Pesantren Nurul Iman Cisalak, Kota Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (775kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy

Abstract

Rita Elly Syamsiah : Pengaruh Bimbingan Mental Spiritual Terhadap Regulasi Emosi Remaja Santri Putri Di Pondok Pesantren Nurul Iman Cisalak, Kota Subang. Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa yang merupakan salah satu tahap perkembangan dalam rentang kehidupan manusia. Karena masa peralihan itulah, remaja memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi sehingga mudah terguncang emosinya dengan hal-hal kecil sehingga sulit untuk meregulasi emosinya dengan baik ketika mereka dihadapkan dengan situasi yang kurang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan mental spiritual terhadap regulasi emosi. Dengan berlandaskan pada indikator variabel bimbingan mental spiritual yaitu tauhid, ibadah dan akhlak serta indikator pada variabel regulasi emosi yaitu Situation Selection, Situation Modification, Attention Deployment, Cognitive Deployment, dan Response Modification. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 60 orang. Bimbingan mental spiritual memiliki peran salah satunya untuk menumbuhkan regulasi emosi. Maka, ketika hasil dari regulasi emosi itu tinggi dapat diprediksi bahwa individu tersebut sudah mengikuti dengan baik dan mendapatkan pemahaman tinggi pada bimbingan mental spiritual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Dengan teknik analisis data regresi mengacu pada formula rank pearson untuk menguji pengaruh suatu variabel bebas dan variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian, data menunjukan bahwa bimbingan mental spiritual berpengaruh terhadap regulasi emosi dengan nilai statistik signifikan (r = 0,35 , p = 0,007 < 0,05) dan hasil KD = 12,39% yang artinya terdapat pengaruh bimbingan mental spiritual terhadap regulasi emosi remaja santri putri di Pondok Pesantren Nurul Iman Cisalak, Kota Subang sebesar 12,39%. Sedangkan sisa dari persentasenya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian semoga hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi yang positif bagi semua pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Mental Spiritual;Regulasi Emosi;Remaja
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rita Elly Syamsiah
Date Deposited: 22 Sep 2022 07:25
Last Modified: 22 Sep 2022 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57763

Actions (login required)

View Item View Item