Hubungan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada muatan matematika SDN Sukapura 01: Studi penelitian korelasional pada siswa kelas V SDN Sukapura 01 Bandung Kecamatan Dayeuhkolot

Karlina, Kiki (2022) Hubungan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada muatan matematika SDN Sukapura 01: Studi penelitian korelasional pada siswa kelas V SDN Sukapura 01 Bandung Kecamatan Dayeuhkolot. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Other
8_bab5 .PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kerangka berfikir bahwa prestasi belajar siswa pada muatan pelajaran matematika yang selalu menjadi sorotan diantara muatan pelajaran lainnya. Rendahnya perhatian orang tua akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) menguraikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar pada muatan matematika siswa kelas V SDN Sukapura 01; (2) mengetahui prestasi belajar pada muatan matematika siswa kelas V SDN Sukapura; (3) mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa pada muatan matematika siswa kelas V SDN Sukapura 01. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa pada muatan matematika di SDN Sukapura 01 Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 33 siswa kelas V SDN Sukapura 01 Kabupaten Bandung. Selain itu, instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui perhatian orang tua serta dokumentasi nilai raport semester 1 untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada muatan matematika. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik korelasi bivariate yang diawali dengan uji normalitas, kemudian uji korelasi serta menghitung koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perhatian orang tua siswa kelas V SDN Sukapura 01 Kabupaten Bandung memiliki rata-rata sebesar 68,03 berada pada kategori baik. Sementara untuk prestasi belajar siswa kelas V SDN Sukapura 01 Kabupaten Bandung adalah sebesar 76,18 berada pada kategori tinggi. Adapun hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V pada muatan pelajaran matematika di SDN Sukapura 01 Kabupaten Bandung termasuk pada kategori sedang atau cukup. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan uji korelasi menggunakan rumus rank spearman, dengan signifikansi 5% dan jumlah responden 33, maka diperoleh nilai sig. sebesar 0,009 berarti jika nilai sig. < 0,005 maka terdapat korelasi positif yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 20%. Oleh sebab itu, perhatian yang diberikan oleh orang tua perlu dipertahankan serta lebih ditingkatkan supaya anak dapat memperoleh prestasi yang maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua; Prestasi Belajar; Matematika
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kiki Karlina
Date Deposited: 23 Sep 2022 03:44
Last Modified: 23 Sep 2022 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57779

Actions (login required)

View Item View Item