Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui desa wisata : Studi deskriptif wisata Stone Garden Desa Gunungmasigit Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat

Pebrianti, Sinta (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui desa wisata : Studi deskriptif wisata Stone Garden Desa Gunungmasigit Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan pemberdayaan melalui Desa Wisata Stone Garden yang berbasis partisipasi masyarakat merupakan tempat dimana masyarakat atau penduduk berperan penting dalam pengambilan keputusan yang berdampak dan menguntungkan bagi kehidupan. Desa Wisata Stone Garden ini berada di Desa Gunungmasigit Kampung Giri Mulya adalah salah satu wisata alam yang di kelola daya tariknya melalui inovasi dan ide kreatif masyarakatnya. Kegiatan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat ini dinilai memiliki potensi yang cukup tinggi dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan ekonomi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Program Desa Wisata Stone Garden, proses pemberdayaan, dan hasil dari program Desa Wisata Stone Garden dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Giri Mulya Desa Gunungmasigit Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Teori yang dipilih dalam penelitian ini yaitu teori pemberdayaan masyarakat yang dikemukakan oleh Edi Suharto. Teori ini membahas bagaimana sebuah program berjalan sesuai tujuan dengan meliputi adanya sebuah proses pemberdayaan dan mencapai sebuah hasil dari program tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan dan mejelaskan data-data secara menyeluruh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui Program Desa Wisata Stone Garden dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Gunungmasigit, yaitu dengan sebuah program yang sudah tersusun dengan baik dan sistematis sesuai dengan aspek-aspek dalam program. Proses pemberdayaan yang terdiri dari beberapa proses yaitu: Proses persiapan, proses pelaksanaan, proses pengawasan, proses evaluasi dan proses terminasi sehingga proses ini berjalan dengan baik. Hasil yang diperoleh dari Desa Wisata Stone Garden memberikan nilai efektivitas, kecukupan bagi masyarakat, pekerjaan secara merata, adanya respon positif serta tepat sasaran. Jadi, Desa Wisata Stone Garden dalam mengimplementasikan pemberdayaan sudah berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Pemberdayaab ekonomi; Desa Wisata
Subjects: Social Groups
Communities
Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sinta Pebrianti
Date Deposited: 23 Sep 2022 00:35
Last Modified: 23 Sep 2022 00:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57794

Actions (login required)

View Item View Item