Idris, Salsabilla Fauziah (2022) Pengembangan media pembelajaran interaktif Lectora Inspire untuk meningkatkan keterampilan bepikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan abad 21 yang harus dimiliki untuk menghadapi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Faktanya pada kegiatan belajar mengajar belum mendorong pencapaian berpikir kritis. Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif lectora inspire bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif lectora inspire, keterlaksanaan pembelajaran dengan media lectora inspire, peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa, dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran lectora inspire. Metode penelitian menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Populasi penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Plus Al Ghifari Bandung. Sampel yang digunakan ialah kelas XI IPA 2 dengan jumlah 21 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media, LKPD berbasis AABTLT with SAS, tes keterampilan berpikir kritis, serta lembar angket respon siswa. Hasil penelitian memperoleh 1) Media pembelajaran interaktif lectora inspire sangat layak dengan kelayakan sebesar 76%, 2) Keterlaksanaan pembelajaran selama tiga pertemuan dengan media pembelajaran interaktif lectora inspire efektif dengan persentase 75,4%, 3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sedang dengan rata-rata n-gain sebesar 0,42, 4) Respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif lectora inspire baik dengan persentase sebesar 79%. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif lectora inspire dapat diterapkan pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi gelombang bunyi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fisika; media pembelajaran; keterampilan berpikir kritis; gelombang bunyi |
Subjects: | Adult Education > Distance Education Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Salsabilla Fauziah Idris |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 03:50 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 03:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57826 |
Actions (login required)
View Item |