Pengalaman keagamaan pada wanita katolik dalam mengenakan Mantilla : Tinjauan terhadap pengguna Mantilla pada jemaat di Gereja Katolik Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda Tangerang

Rachmawati, Bella Yunita (2021) Pengalaman keagamaan pada wanita katolik dalam mengenakan Mantilla : Tinjauan terhadap pengguna Mantilla pada jemaat di Gereja Katolik Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda Tangerang. Sarjana thesis, uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB 1.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy

Abstract

Mantilla adalah kerudung atau penutup kepala yang biasa dipakai oleh umat katolik dalam perayaan ekaristi atau perayaan misa. Mantilla diwajibkan pakai pada khk tahun 1917. Mantilla dilambangan sebagai simbol kemurnian dan kerendahan hati, asal tradisi mantilla ini berasal dari spanyol yang dikenalkana oleh pemimpin negara setempat.Di era modern ini Mantilla masih tetap dipakai oleh wanita katolik meskipun ini adalah tradisi yang sudah lama, dan gereja tidak terlalu memaksakan wanita katolik unttuk mengenakan Mantilla tersebut. Penelitian ini ditulis untuk mengetahui bagaimana pengalaman keagamaan pada wanita katolik yang mennggunakan mantilla, sebelum pakai dan sesudah serta dalam praktik keseharian yang sesuai dengan teori dari joachim wach. Dengan pendekatan psikologis, penulis berusaha menganalisa bagaimana pengalaman keagamaan pada wanita katolik yang memakai mantilla, dan metode yang dipakai pada penelitin ini adalah deksriptif dan menggunakan kualitatif yaitu penulis melengkapinya dengan observasi dan wawancara. Dari yang sudah penulis dapatkan, bahwasanya pengguna mantilla ini mengalami perubahan yang signifikan dimulai dari cara berpakaian, mendapatkan ketenangan bathin, serta keseriusan dalam berdoa/ibadah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Mantilla; Katolik; Ibadah
Subjects: Religion Paintings
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi, Studi Agama Agama > Konsentrasi Religious Studies
Depositing User: Bella Yunita Rachmawati
Date Deposited: 23 Sep 2022 05:33
Last Modified: 23 Sep 2022 05:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57863

Actions (login required)

View Item View Item