Implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan kemakmuran masjid: Studi deskriptif di Masjid Jami Al Azhar Jakapermai Bekasi

Uyun, Hilwatul Uyun (2022) Implementasi fungsi manajemen dalam meningkatkan kemakmuran masjid: Studi deskriptif di Masjid Jami Al Azhar Jakapermai Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan fakta, dapat kita ketahui bersama bahwa fungsi masjid saat ini bukanlah sebagai tempat ibadah saja, namun dapat digunakan untuk berbagai kegiatan yang bermanfaat. Melalui program yang diselenggarakan baik dari sisi ubudiyah, sosial, ekonomi ataupun pendidikannya masjid menjadi sarana jemaah untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya, hal ini menjadi peluang pengurus masjid dalam memakmurkan jemaah melalui program atau pelayanannya terhadap jemaah. Seperti halnya Masjid Jami Al Azhar Jakapermai, setiap bidangnya memiliki program kerja yang tujuannya untuk memakmurkan jemaah melalui kegiatan yang diselenggarakan, maka dari itu implementasi fungsi manajemen masjid diperlukan agar program yang diselenggarakan oleh pengurus masjid dapat terealisasikan dengan baik kepada jemaah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi fungsi manajemen masjid dalam meningkatkan kemakmuran jemaah yang dilakukan oleh pengurus Masjid Jami Al Azhar Jakapermai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori fungsi manajemen yang dicetuskan oleh George Terry, dalam teori tersebut ia menyebutkan bahwa fungsi manajemen terdiri dari empat elemen yaitu, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Metode yang digunakan oleh peneliti di dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan serta menggambarkan tentang Implementasi Fungsi Manajemen di Masjid Jami Al Azhar Jakapermai melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa implementasi fungsi manajemen yaitu perencanaan yang dilakukan oleh pengurus Masjid Jami Al Azhar Jakapermai dilakukan melalui proses perumusan program yang memiliki tujuan setiap kegiatan yang dilaksanakan. Perumusan program ini dilakukan setiap satu tahun sekali yang tertuang dalam rapat kerja tahunan. kemudian pengorganisasian Masjid Jami Al Azhar Jakapermai terbukti sangat terstruktur, dilihat dari struktur organisasi yang lengkap dan komunikatif dalam berinteraksi baik sesama pengurus atau jemaah. Kemudian pelaksanaan yang terjadi di Masjid Jami Al Azhar Jakapermai berjalan dengan baik melalui pelaksanaan program yang direalisasikan oleh pengurus masjid. dan pengawasan yang dilakukan oleh Masjid Jami Al Azhar Jakapermai dilakukan setiap selesai menyelenggarakan kegiatan, satu minggu sekali dan setiap satu tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dan memperbaiki kesalahan yang terjadi dan mewujudkan kembali tujuan yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kemakmuran; Masjid
Subjects: General Management > Organizations
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Hilwatul Uyun
Date Deposited: 23 Sep 2022 07:47
Last Modified: 23 Sep 2022 07:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57925

Actions (login required)

View Item View Item