Alfiyah, Inggri Ayu (2022) Bimbingan konseling individual untuk meningkatkan Mmotivasi belajar anak di masa pandemi melalui pendekatan spiritual : Penelitian terhadap siswa kelas XII IPS 1 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (109kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
Abstract
Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan seseorang dalam belajar, Apabila seorang siswa memiliki motivasi belajar maka ia akan mempelajari hal yang disukainya tersebut dengan senang hati. pada masa pandemik motivasi tersebut terganggu, ditandai dengan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara luring menjadi pembelajaran daring (pembelajaran jarak jauh). Hal ini sangat berpengaruh terhadap motivasi mereka. Oleh karenanya, diperlukan bimbingan dan konseling untuk mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor internal dan eksternal serta mengetahui pelaksanaan bimbingan dalam pendektan spiritual untuk meningkatkan motivasi belajar. Selain itu penelitian inipun bertujuan untuk mengetahui hasil dari bimbingan dengan pendekatan spiritual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori motivasi belajar yang diungkapkan oleh Hamzah Uno yaitu sebagai dorongan dan kekuatan dalam diri seseorang untuk melakukan tujuan tertentu yang ingin dicapainya. Selain menjadi motivasi juga bertujuan mendapatkan stimulus yang membuat seseorang menjadi terpacu dan melakukan sesuatu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode ini penelitian bertujuan untuk melukiskan, menggambarkan kondisi dilapangan terkait dengan proses dan situasi pelaksanaan pembelajaran. Adapun pengumpulan datanya ada tiga. Diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan motivasi dengan pendekatan spiritual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII IPS 1 di MAN 2 Kuningan. Ditandai dengan siswa merasa pembelajaran lebih menarik, selain itu dapat meningkatkan kuwalitas diri dengan tuhan. Meskipun sebagian siswa ada yang belum termotivasi secara maksimal, namun secara keseluruhan dapat dikatakan mengalami perubahan serta peningkatan yang sangat signifikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling Individual; Motivasi Belajar; Pendekatan Spiritual |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Inggri Ayu Alfiyah |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 02:22 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 02:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57938 |
Actions (login required)
View Item |