Pemberdayaan masyarakat petani garam: Studi kasus pemberdayaan Muslimat NU Kabupaten Subang kepada petani garam di Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang

Ramdhani, Melly El Mardiya (2022) Pemberdayaan masyarakat petani garam: Studi kasus pemberdayaan Muslimat NU Kabupaten Subang kepada petani garam di Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (8_DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Petani Garam merupakan potensi lokalitas di Kecamatan Legonkulon sehingga mampu memberikan manfaat terhadap masyarakat melalui pemberdayaan. Muslimat NU Kabupaten Subang merupakan lembaga yang memfasilitasi proses pemberdayaan tersebut terutama terhadap kaum perempuan dengan serangkaian kegiatan yang memberikan kontribusi terhadap masyarakat seperti pemberdayaan petani garam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk program, proses dan manfaat pelaksanaan pemberdayaan ekonomi petani garam oleh Muslimat NU Kabupaten Subang kepada petani garam di Kecamatan Legonkulon. Kerangka pemikiran menggunakan teori pemberdayaan menurut Jim Ife (1995) merupakan sesuatu yang disiapkan untuk masyarakat mencakup sumber daya (resource), kesempatan, pengetahuan serta keterampilan dalam meningkatkan potensi dan kapasitas diri masyarakat agar dapat menjalankan kehidupan yang akan datang dan memiliki partisipasi dalam mempengaruhi kehidupan kelompok masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif dengan mendeskripsikan secara empiris kondisi dilapangan. Sumber data terdiri dari sumber data primer yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Adapun sumber data sekunder didapatkan melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman meliputi reduksi data, representasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan program pemberdayaan petani garam oleh Muslimat NU Kabupaten Subang dengan meliputi: a) memperkuat permodalan; b) memfasilitasi sarana prasarana; c) meningkatkan manajemen kelembagaan; d) meningkatkan kualitas sumber daya manusia; e) memperluas pemasaran; dan f) meningkatkan partisipasi segala pihak. Tahapan pelaksanaan program pemberdayaan petani garam dengan melakukan a) perencanaan mencakup sosialisasi, refleksi sosial, pemetaan sosial; b) pelaksanaan mencakup penyusunan rencana program, pendampingan, pelatihan, produksi, pemasaran/penjualan; c) evaluasi program.Adapunmanfaat yang berkaitan demgan peningkatan taraf ekonomi petani garam mencakup: a) pemberian modal, b) menyerap tenaga kerja; c) meningkatkan pendapatan masyarakat; dan d) peningkatan kualitas dan produksi garam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Petani garam; Muslimat NU;
Subjects: Econmics > Economic Situation and Conditions
Farm, Farming > Farmers
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: melly el mardiya ramdhani
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:53
Last Modified: 26 Sep 2022 01:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57963

Actions (login required)

View Item View Item