Pengaruh penerapan standar akuntansi zakat dan pengendalian internal terhadap akuntabilitas keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung

Santosa, Bessarany Salsabila (2022) Pengaruh penerapan standar akuntansi zakat dan pengendalian internal terhadap akuntabilitas keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Penghimpunan dana realisasi zakat, infak dan shadaqoh tahun 2018-2021 pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung masih belum memenuhi target yang diharapkan. Terkait dengan kesenjangan tersebut menyebabkan masyarakat menanyakan tentang akuntabilitas suatu lembaga/badan zakat, sehingga peran lembaga BAZNAS dikatakan belum optimal. Salah satu alasannya yaitu masyarakat Kota Bandung kurang percaya untuk menitipkan zakat kepada BAZNAS Kota Bandung. Maka, BAZNAS Kota Bandung harus menerapkan akuntabilitas agar dapat menyajikan laporan keuangan zakat yang transparan dan tepat. Pada tahap inilah ilmu akuntansi sangat diperlukan untuk memberikan regulasi kepada pengelola saat mengelola lembaga zakat dalam pembuatan laporan dengan baik dan benar, sehingga akuntabilitasnya dapat akuntabel serta pengendalian internal dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh penerapan standar akuntansi zakat terhadap akuntabilitas keuangan di (BAZNAS) Kota Bandung, 2) pengaruh pengendalian internal terhadap akuntabilitas keuangan di (BAZNAS) Kota Bandung, 3) pengaruh penerapan standar akuntansi zakat dan pengendalian internal terhadap akuntabilitas keuangan di (BAZNAS) Kota Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik. Sedangkan pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Akuntabilitas Keuangan dipengaruhi oleh Standar Akuntansi Zakat dan Pengendalian Internal. Standar Akuntansi Zakat merupakan standar akuntansi yang diimplementasi oleh IAI mengenai ZIS (Zakat, Infak, Shadaqoh). Sedangkan Pengendalian Internal merupakan tindakan untuk mengamankan aktiva mendorong karyawan untuk mengikuti kebijakan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan 1) hasil parsial (uji t) variabel penerapan standar akuntansi zakat berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung, 2) hasil parsial (uji t) variabel pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung, 3) hasil simultan (uji F) variabel penerapan standar akuntansi zakat dan pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas keuangan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Standar Akuntansi Zakat; Pengendalian Internal; Akuntabilitas Keuangan;
Subjects: Accounting > General Publications of Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Bessarany Bessarany Salsabila Santosa
Date Deposited: 26 Sep 2022 01:58
Last Modified: 26 Sep 2022 01:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57992

Actions (login required)

View Item View Item