Persepsi mahasiswa mengenai tayangan Youtube Newsroom 63B Tirto.id : Studi deskriptif kuantitatif persepsi mahasiswa Jurnalistik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018

Nurmala, Risma (2022) Persepsi mahasiswa mengenai tayangan Youtube Newsroom 63B Tirto.id : Studi deskriptif kuantitatif persepsi mahasiswa Jurnalistik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (651kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Newsroom 63B merupakan program tayangan video interaktif yang membahas isu-isu terkini, dan dibahas cukup mendalam. Merupakan salah satu program media Tirto.id, yang ditayangkan di Youtube. Program ini dibawakan secara santai, namun tetap memuat riset dan pernyataan ahli dalam setiap kontennya. Program ini turut dilengkapi oleh animasi dan unsur-unsur kreatif video. Kehadiran program ini sebagai salah satu strategi media dalam menarik minat masyakat, ditengah akses kemudahan informasi tentunya menimbulkan sebuah pemahaman baru (persepsi). Sebuah persepsi dipengaruhi oleh berbagai faktor dan melalui beberapa tahapan seperti atensi, interpretasi, dan reaksi. tayangan akan dikaji untuk mengetahui persepsi mahasiswa jurnalistik Angkatan 2018 mengenai tayangan youtube Newsroom 63B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar atensi, interpetasi, dan reaksi mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung angkatan 2018 mengenai tayangan Youtube Newsroom 63B. Sehingga, dapat memunculkan sebuah persepsi. Penelitian ini menggunakan teori perbedaan individu dimana asumsi dasarnya adalah, perbedaan individual memiliki peran penting dalam membentuk persepsi seseorang. Persepsi dipengaruhi oleh beberapa faktor yang ada dalam diri seseorang, hal tersebut dapat membuat persepsi setiap orang berbeda, meskipun objek yang diteliti sama. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan paradigma positivistik. Data diperoleh dari sampel penelitian melalui survei (kuesioner), kemudian data dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menyatakan, dari 134 responden diperoleh skor rata-rata atensi 74,9% dan masuk ke dalam kategori tinggi, interpretasi 75,4% tergolong kategori tinggi, dan terakhir reaksi 71,4% tergolong pada kategori tinggi. Rata-rata skor sebesar 73,9% tergolong dalam kategori tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa Persepsi mahasiswa jurnalistik angkatan 2018 mengenai tayangan Youtube Newsroom 63B, relatif tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: youtube; persepsi; newsroom 63B tirto.id
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Risma Nurmala
Date Deposited: 27 Sep 2022 02:00
Last Modified: 27 Sep 2022 02:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58047

Actions (login required)

View Item View Item