Ibadullah, Hafiz Hasbi (2022) Urgensi bimbingan agama Islam untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Quran pada anak usia 6-12 tahun : Penelitian di GMM Al-Amanah Mesjid Jami Al-Amanah RW 10 Kampung Sukasari Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover-1.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (840kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu adanya fenomena kualitas membaca Al-Quran pada anak usia 6-12 tahun belum mencapai kualitas yang baik, sedangkan Al-Quran merupakan sumber dari ajaran agama Islam. Mengajarkan Al-Quran kepada anak-anak adalah salah satu dari dasar-dasar Islam bagi anak untuk diberikan pembelajaran dan pendidikan mereka dalam nuansa fitrah dan hati mereka penuh dengan cahaya kebijaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas dan mencari tahu bagaimana urgensi dari pemberian layanan bimbingan agama Islam pada anak dalam upaya membantu agar anak memperoleh kemampuan dan kualitas membaca Al-Qurannya menjadi bagus, pemberian layanan bimbingan agama Islam ini menggunakan layanan bimbingan membaca Al-Quran. Bimbingan agama Islam merupakan upaya pemberian bantuan yang diberikan secara berkesinambungan terhadap seseorang atau sekelompok orang agar dapat meningkatkan potensi beragamanya (agama Islam) agar dapat memahami keadaan dirinya dan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada pada dirinya sehingga kualitas iman, Islam dan ihsannya dapat berkembang dan meningkat secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu jenis penelitian yang hasil dari datanya tidak diperoleh menggunakan pengukuran statistik atau bentuk perhitungan angka lainnya. Alasan metode ini dipilih adalah agar dapat menggambarkan dan menjelaskan temuan data secara jelas dan gamblang mengenai fakta-fakta yang sesuai dengan kenyataan di lokasi yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi pada saat melakukan penelitian. Penelitian ini memperoleh hasil tentang bagaimana kualitas membaca Al-Quran santri di GMM Al-Amanah sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan membaca Al-Quran, sehingga dari hasil penelitian ini membahas perihal urgensi dari kegiatan bimbingan agama Islam untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Quran pada anak usia 6-12 tahun. Anak-anak yang berada di rentang usia 6-12 tahun di GMM Al-Amanah rata-rata kualitas membaca Al-Qurannya masih di taraf sedang kebawah di setiap kelasnya, masih perlu pendampingan dan pemberian bimbingan membaca Al-Quran yang lebih diperhatikan lagi agar kemampuan membaca Al-Quran dapat mengalami peningkatan kualitas. Seiring dengan perkembangan dari hasil kegiatan pemberian layanan bimbingan agama Islam melalui kegiatan bimbingan membaca Al-Quran, kualitas membaca Al-Quran anak usia 6-12 tahun semakin membaik dan meningkat kualitas membaca Al-Qurannya sedikit demi sedikit. Kata kunci: Urgensi Bimbingan Agama Islam, Kualitas Membaca Al-Quran dan Anak Usia 6-12 Tahun.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Urgensi Bimbingan Agama Islam; Kualitas Membaca Al-Quran; dan Anak Usia 6-12 Tahun. |
Subjects: | Applied Psychology Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Hafiz Hasbi Ibadullah |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 02:34 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 02:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58090 |
Actions (login required)
View Item |