Pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap Return On Assets: Pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Tranding Company Tbk periode 2011-2020

Ningsih, Silviana Surya (2022) Pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap Return On Assets: Pada PT. Ultrajaya Milk Industry & Tranding Company Tbk periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Analisis modal kerja sangat penting bagi suatu perusahaan karena untuk memahami situasi dan kondisi perusahaan yang diukur melalui rasio profitabilitas. Dengan demikian terjadinya fluktuasi return on assets menjadikan bursa efek menarik bagi beberapa investor. Return On Assets mencerminkan nilai dari suatu perusahaan, sehingga kinerja perusahaan harus baik. Agar kinerja perusahaan dinilai baik maka laba yang diperoleh perusahaan harus besar. Salah satu yang mempengaruhi besarnya laba perusahaan adalah modal kerja. Modal kerja tersebut dapat dianalisis dengan Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan. Terjadinya fluktuasi perputaran kas dan perputaran persediaan, sehingga semakin tinggi tingkat perputaran kas dan perputaran persdiaan menunjukkan tingginya volume penjualan yang dicapai oleh perusahaan dan laba yang diterima akan menjadi banyak jumlahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau tidak antara Perputaran Kas dan iPerputaran Persediaan terhadap Return On Assets baik secara parsial maupun simultan yang merupakan salah satu jenis profitabilitas, pada PT. Ultra Jaya Milk Industry & Tranding Company Tbk Tahun 2011–2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif serta bersumber pada data seknder, teknik yang digunakan yaitu purposive sampling sebanyak 10 tahun laporan keuangan perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan dan dokumentasi.iTeknik ianalisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat kecil dan uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t dan Uji-f dengan signifikansi (α = 0,05). Penganalisaan data menggunakan bantuan aplikasi olah data IBM SPSS (Statistical Programme For Social Science) versi 26. Pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Perputaran Kas tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA). HaI ini dapat terlihat dari hasil uji t (parsial) dimana nilai thitung lebih kecil dari ttabel sebesar (0,282 < 1.89458) dengan taraf signifikansinya sebesar 0,786. Secara parsial Perputaran Persediaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Hal ini dapat terlihat dari hasil uji t (parsial) dimana nilai thitung lebih kecil dari ttabel sebesar (0,079 < 1.89458) dengan taraf signifikansinya sebesar 0,939. Sedangkan secara simultan Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA). Hal ini dapat terlihat dari hasil uji f (simultan) dimana nilai fhitung lebih kecil dari ftabel sebesar (0,045 < 4,74) dan taraf signifikannya sebesar 0,956 lebih besar dari taraf signifikansinya sebesar (α = 0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat diketahui bahwa Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan secara simultan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Return On Assets (ROA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas; Perputaran Persediaan; Return On Assets (ROA)
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Silviana Surya Ningsih
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:04
Last Modified: 27 Sep 2022 03:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58184

Actions (login required)

View Item View Item