Ramdani, Muhamad Aril (2017) Meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran ipa pokok bahasan gaya, gerak dan energi melalui penggunaan model pembelajaran The Power of Two: Penelitian Tindakan Kelas terhadap siswa kelas V MI Plus Darul Hufadz Jatinangor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini berawal dari realita di lapangan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA di MI Plus Darul Hufadz Jatinangor Kab. Sumedang rendah yakni dari siswa yang berjumlah 26 siswa, yang sudah tuntas terdapat 17 siswa (65,39%) dan 9 siswa (34,62%) masih di bawah KKM, dengan nilai KKM sebesar 75. Kebanyakan guru dalam menyampaikan materi IPA cenderung menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru sebagai sumber informasi dan guru lebih aktif daripada siwa, sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan siswa kurang siap dalam mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA sebelum menggunakan model pembelajaran The Power of Two pada pokok bahasan hubungan antara gaya, gerak, dan energi di kelas V MI Plus Darul Hufadz.(2) Proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran The Power of Two pada pokok bahasan hubungan antara gaya, gerak, dan energi di kelas V MI Plus Darul Hufadz.(3) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada seluruh siklus setelah menggunakan model pembelajaran The Power of Two pada pembelajaran IPA pada pokok bahasan hubungan antara gaya, gerak, dan energi di kelas V MI Plus Darul Hufadz. Model pembelajaran The Power of Two (kekuatan berdua) merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang mengembangkan prinsip bahwa belajar berdua lebih baik dari pada belajar sendiri. Sinergi dua orang dapat menghasilkan rumusan yang lebih baik. Sehingga hipotesis dari model pembelajaran The Power of Two diduga dapat emningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan masing masing 2 tindakan, tahapannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pngumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes, dengan instrument silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, lembar observasi siswa dan gurun dan lembar tes uraian. Analisis data dari penelitian ini dengan menggunakan statistik sederhana. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa hasil observasi aktivitas guru dan siswa selalu meningkat pada tiap pertemuan. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai persentase aktivitas guru yakni siklus I 78,95% (baik) dan siklus II 90,53% (sangat baik). Sedangkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil observasi juga mengalami penigkatan yakni siklus I 80% (baik) dan siklus II 92,63% (sangat baik). Kemudian berdasarkan analisis terhadap hasil tes siklus I dan siklus II, hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dangan rata-rata siklus I 83,07 (sangat baik) dan siklus II 88,73 (sangat baik). Sehingga dapat disimpulan bahwa pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Gaya, Gerak dan Energi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran The Power of Two |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhamad Aril Ramdani |
Date Deposited: | 29 Jan 2018 08:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2018 08:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5819 |
Actions (login required)
View Item |