Rusdayani, Diani Fitria (2022) Pemahaman siswa terhadap Qs.Al-Isra ayat 23 hubungannya dengan akhlak mereka kepada orangtua dan guru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (679kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (616kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang baiknya akhlak siswa kepada orangtua dan guru. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Pesantren Hayatan Thayyibah diperoleh informasi bahwa untuk melakukan pembinaan akhlak siswa kepada orangtua dan guru terdapat materi Q.S Al-Isra ayat 23 pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti yang dipelajari pada awal semester pertama. Setelah siswa mempelajari Q.S Al- Isra ayat 23, semestinya akhlak siswa kepada Orangtua dan Guru semakin membaik. Namun pada faktanya masih terdapat siswa yang tidak sopan perilakunya di sekolah kepada guru. Sebab ini penulis tertarik untuk meneliti hubungan antara hasil pemahaman dengan akhlak siswa dengan judul “Pemahaman Siswa Terhadap Q.S Al-Isra ayat 23 Hubungannya Dengan Akhlak Mereka Terhadap Orangtua dan Guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 23, (2)Mengetahui akhlak siswa kepada Orangtua dan Guru, (3) Mengetahui hubungan antara pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat23 dengan Akhlak mereka kepada Orangtua dan Guru. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa pemahaman merupakan potensi yang harus dimiliki oleh siswa yang sedang belajar, karena hal itu akan mempengaruhi tindakan dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan asumsi tersebut hipotesis pada penelitian ini adalah semakin tinggi pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 23 maka semakin baik juga Akhlak mereka kepada Orangtua dan guru. Pendekatan dalam penelitian ini meggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes, Angket, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan statistik dengan menempuh uji validitas, uji reliabiliitas, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1)Realitas pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 23, termasuk kategori Sangat Tinggi. Hal ini diketahui dari hasil rata-rata keseluruhan indikator variabel X sebesar 94.38 tepat pada interval 86-100.(2)Realitas akhlak siswa kepada orangtua dan guru, termasuk dalam kategori Sangat Baik. Hal ini diketahui dari hasil rata-rata keseluruhan indikator variabel Y sebesar 4.39 tepat pada interval 4.20-5.00. (3)Realitas hubungan antara pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 23 hubungannya dengan akhalak mereka kepada orangtua dan guru Sangat Rendah hal ini berdasarkan (a) skor korelasi sebesar -0.01 koefisiennya Sangat Rendah (b) Hasil uji hipotesis menunjukkan t hitung (-069) <t tabel (1.686) dari nilai yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Hipotesis ditolak. Artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Pemahaman Siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 23 (Variabel X) dengan Akhlak siswa kepada Orangtua dan Guru (Variabel Y) pada kelas XI SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah. (c) Derajat hubungan antara variabel X dan variabel Y yaitu senilai (0.00) artinya tidak dapat pengaruh antara variabel X dan variabel Y.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak;orangtua;guru |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Adult Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Diani Fitria Rusdayani |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 02:41 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 02:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58206 |
Actions (login required)
View Item |