Pengembangan Taman Wisata Alam Curug Darwin terhadap pelestarian lingkungan : Studi deskriptif Desa Giriawas Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut

Prasetya, Ulfah Dita (2022) Pengembangan Taman Wisata Alam Curug Darwin terhadap pelestarian lingkungan : Studi deskriptif Desa Giriawas Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI (1).pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Adanya potensi sumber daya lingkungan yang tersedia di suatu daerah perlu dikembangkan untuk membawa perubahan dalam sektor sumber daya lingkungan yang lebih baik. Seperti halnya potensi sumber daya lingkungan yang tersedia di Desa Giriawas yaitu dalam bentuk Taman Wisata Alam Curug Darwin. Didirikannya taman ini ialah sebagai salah satu usaha untuk melestarikan lingkungan, tidak hanya itu melalui pengembangan taman ini bisa menjadikan peluang pengembangan sektor ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Program yang diterapkan dalam pengembangan Taman Wisata Alam Curug Darwin terhadap pelestarian lingkungan (2) Proses pelaksanaan program pengembangan Taman Wisata Alam Curug Darwin terhadap pelestarian lingkungan (3) Hasil dari penerapan program pengembangan Taman Wisata Alam Curug Darwin terhadap pelestarian lingkungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori pengembangan pariwisata yang dikemukakan oleh Oka A.Yoeti (2005) yaitu suatu usaha untuk mengembangkan atau memajukan objek wisata agar lebih baik dan menarik akan adanya potensi yang telah dimiliki. Metode yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukannya observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya program-program yang dijalankan dalam pengembangan Taman Wisata Alam Curug Darwin mampu mengembangkan taman dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung. Proses penerapan program pengembangan Taman Wisata Alam Curug Darwin dilakukan dalam tiga tahapan yaitu penyadaran, pengkapasitasan, dan pendayaan. Dengan itu hasil yang diperoleh dari penerapan program-program yang dijalankan sangat berdampak positif pada aspek pelestarian lingkungan dan pada aspek ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Taman Wisata Alam; Pelestarian Lingkungan
Subjects: Economic of Land and Energy > Natural Resources and Energy, Environment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ulfah Dita Prasetya
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:42
Last Modified: 27 Sep 2022 07:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58273

Actions (login required)

View Item View Item