Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif metode Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas 8 MTs Putri PUI Talaga

Ghafari, Dhimam (2022) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif metode Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas 8 MTs Putri PUI Talaga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan di MTs Putri PUI Talaga melalui wawancara dan obrolan dengan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas 8, penulis mendapatkan informasi mengenai permasalahan yang terjadi di kelas 8 khususnya pada mapel Aqidah Akhlak yaitu masih rendahnya hasil belajar. Untuk kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen sendiri yaitu kelas 8 C memiliki tingkat ketuntasan yang relatif rendah yaitu sebesar 38%. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional atau ceramah, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif metode Make a Match, dan (3) pengaruh model pembelajaran Kooperatif metode Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Metode Make a Match ini diartikan sebagai suatu metode atau strategi pembelajaran yang menyenangkan dan menarik sehingga siswa menjadi aktif ketika mengikuti proses kegiatan pembelajaran di kelas. Sedangkan hasil belajar merupakan kemampuan atau pengalaman yang dimiliki oleh siswa setelah menerima proses pembelajaran. Hasil belajar juga berfungsi sebagai tolak ukur sejauh mana siswa telah menerima pembelajaran dan pengalaman belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalen control group yang melibatkan dua kelas terdiri masing-masing 24 siswa yaitu kelas 8 A sebagai kelas kontrol dan 8 C sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk teknik dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan melakukan studi pustaka, tes, wawancara, dan observasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan yang menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa di kelas 8 A atau kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 64,38 dan nilai rata-rata posttest sebesar 79,58; (2) hasil belajar siswa di kelas 8 C atau kelas eksperimen dengan metode Make a Match memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 69,17 dan nilai rata-rata posttest sebesar 85; (3) pengaruh metode Make a Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak berpengaruh positif dan signifikan. Pada kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan metode Make a Match mendapatkan nilai N Gain sebesar 0,51 termasuk pada kategori sedang, sedangkan N Gain kelas kontrol 0,43 termasuk pada kategori sedang. Meskipun interpretasi kelas eksperimen dan kelas kontrol sama tetapi secara nilai kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai kelas kontrol. Hasil uji homogenitas menunjukkan F hitung pretest = 1,15 < F tabel = 2,01, F hitung posttest = 1,68 < F tabel = 2,01 F artinya kedua data kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis menunujukkan nilai t hitung (14,79) > t tabel (2,07), maka hipotesis (Ho) ditolak dan hipotesis (Hi) diterima yang artinya dengan α = 5%, terdapat pengaruh dan perbedaan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan metode Make a Match.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Make a Match;Kooperatif;Hasil Belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhimam Ghafari
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:57
Last Modified: 28 Sep 2022 07:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58286

Actions (login required)

View Item View Item