Pengaruh penyajian konten visual infografis melalui akun Instagram Tempo (@Tempodotco) terhadap minat baca berita

Cestar, Ithamar Yaomi Darien (2022) Pengaruh penyajian konten visual infografis melalui akun Instagram Tempo (@Tempodotco) terhadap minat baca berita. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy

Abstract

Infografis dapat mengemas konten berita yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami (readability), dan menyenangkan sehingga infografis mampu mengubah pemahaman pembaca tentang konten informasi. Orang dapat memahami informasi visual lebih cepat daripada informasi verbal atau tertulis. Pencantuman infografis dan ilustrasi dalam artikel berita menginformasikan berita dan menjadikan penyajian berita lebih inovatif dan berbeda dari sebelumnya. Oleh karena itu, infografis digunakan sebagai sarana untuk menyajikan pemahaman, interpretasi, dan saran peserta didik tentang teks yang mereka baca. Akibatnya, infografis dapat menjadi alat yang baik untuk memfasilitasi pemahaman bacaan di kelas dan cara penggunaannya akan sepenuhnya bergantung pada kebutuhan dan tujuan setiap pengaturan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh konten visual infografis @tempodotco (X) terhadap minat baca berita (Y). Teknik yang digunakan untuk mencapai tujuan dari penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode uji regresi linier sederhana, dan partisipasi dari 112 responden mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung angkatan 2018. Kerangka teori dari penelitian ini menggunakan teori S-O-R, di mana stimulus dari penelitian ini yaitu konten visual infografis, mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung angkatan 2018 sebagai organism, dan minat baca berita sebagai respons. Metode survei digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan untuk memberikan gambaran secara merinci tentang suatu kasus. Metode survei ini dianggap perlu dalam penelitian ini karena akan membantu mengumpulkan data hasil kreativitas dalam pertanyaan atau pertanyaan berdasarkan data. Selain itu, peneliti menggunakan paradigma positivisme, yaitu cara pandang dalam memahami dunia berdasarkan ilmu pengetahuan. Studi-studi ini mencakup variabel individu dan variabel. Metrik ini digunakan untuk mengukur seberapa besar dampak visualisasi infografis Tempo terhadap pengalaman membaca audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, respons mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung terhadap konten visual infografis @tempodotco menghasilkan jawaban bahwa infografis @tempodotco bersifat mudah dibaca (readability). Berkenaan dengan teori strategi komunikasi visual, didapatkan hasil skor kuesioner yang cukup besar, yaitu 4,07 (dari rentang skor 1-5). Kedua, bahwa infografis @tempodotco membuat konten berita menarik minat pembaca. Hal itu dibuktikan dengan total skor pernyataan pada variabel Y (Minat Baca), menunjukkan angka yang cukup besar yakni skor kuesioner 4,61 (dari rentang 1-5). Ketiga, konten visual infografis @tempodotco secara simultan berpengaruh sebesar 37,4% terhadap minat baca berita mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung angkatan 2018.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Terpaan konten; Instagram; Minat Baca; Berita; SOR
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Data Processing, Computer Science > Interfacing and Communications
Journalism and Newspapers in Indonesia
Conscious Mental Process and Intelligence > Communication Psychology
Comparative Psychology > Comparative Psychology of Sensory Perception, Movement, Emotions, Psychological Drives of Animals
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Color and Related Technology > Paints and Painting Technology
Drawing and Drawings > Graphic Design, Illustration Drawings
Perspective in Drawing
Decorative Arts > Other Decorative Arts
Graphic Arts > General Publications of Graphic Arts
Computer Arts, Digital Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ithamar Yaomi Darien Cestar
Date Deposited: 29 Sep 2022 05:45
Last Modified: 29 Sep 2022 05:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58362

Actions (login required)

View Item View Item