Fauziani, Laili (2022) Pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru : Penelitian di SMPN 1 Tambun Utara, SMPN 6 Tambun Utara dan SMP Plus Terpadu Al Bina Bekasi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
Abstract
Kepala sekolah memiliki peran yang sangat besar dalam melaksanakan setiap kegiatan yang ada di sekolah. Gaya kepemimpinan kepala sekolahlah yang menjadikan pengaruh besar terhadap suatu kegiatan di sekolah. Kompetensi profesiona juga sangat penting bagi guru, demi terselenggaranya kegiatan belajar mengajar yang efektif. Dari konsep gaya kepemimpinan dan kompetensi profesional yang terdapat pada guru, diharapkan mampu mempengaruhi kinerja guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru, dan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru di SMPN 1 Tambun Utara, SMPN 6 Tambun Utara, SMP Plus Terpadu Al Bina Bekasi. Metode penelitian yang peneliti digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. pengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah, kompetensi profesional guru dan kinerja guru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 80 orang guru. Sementara itu hipotesis yang digunakan ialah teknik analysis regresi. Kerangka berpikir, penulis mengambil dari pemikiran Hersey dan Blanchard terkait gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah, yakni: Telling/mendikte, Seling/menjual, Participating/partisipasi, Delegating/delegasi. Sedangkan terkait kompetensi profesional guru yakni: kemampuan dasar guru dan keterampilan dasar guru. Dan terkait kinerja guru yakni: kinerja pembelajaran, profesional dan personal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,100 dengan persentase sebesar 12,5%, (2) ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai sebesar 0,117 dengan persentase 13,8% (3) ada pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru dijelaskan dengan hasil uji f yang mempunyai besaran nilai signifikan 0, 029, adapun besar pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah adalah 36% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. implikasi dari penelitian ini adalah perlunya kecakapan dalam bertindak sebagai kepala sekolah dan selalu menempatkan situasi-situasi tertentu dan memperdalami kompetensi profesional bagi guru agar dapat meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah; Kompetensi Profesional Guru; Kinerja Guru |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management General Management > Management Consulting |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Laili fauziani |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 09:46 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 09:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58440 |
Actions (login required)
View Item |