Muhyi, Abdul (2022) Manajemen pemasaran pendidikan Islam: Studi tentang manajemen pemasaran Madrasah Tsanawiyah di kabupaten Purwakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (487kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan yang terjadi pada proses rekrutmen peserta didik baru. Setiap lembaga pendidikan bersaing untuk mengejar target yang ditetapkan, jiwa integritas dan moralitas yang inheren dalam dunia pendidikan seperti hilang. Lembaga pendidikan yang diharapkan mampu melahirkan kader-kader potensial masa depan terjerumus dalam kehancuran moral. Sehingga dalam hal ini Madrasah Tsanawiyah diharuskan adanya inovasi dan redesain agar tidak tenggelam di tengah-tengah lembaga pendidikan lainnya yang terus berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep yang baik dalam melakukan pemasaran pendidikan khususnya pemasaran pendidikan Islam. Beberapa hal yang diteliti sesuai dengan rumusan yang telah ditentukan, sehingga tujuan penelitian ini untuk menjawab rumusan yang sudah diformulasikan sesuai teori. Adapun dalam proses manajemen pemasaran pendidikan Islam yang diteliti konsep strategi pemasaran pendidikan, implementasi strategi pemasaran pendidikan, faktor penghambat implementasi strategi pemasaran pendidikan,dan langkah mengatasi hambatan pada implementasi startegi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan penerimaan peserta didik baru. Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif metode deskriptif. Adapun untuk pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi, display hingga verifikasi, dan terakhir data di absahkan melalui triangulasi sumber maupun triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkatkan penerimaan peserta didik baru dengan teori konsep produksi, konsep prodak dan konsep penjualan. Konsep Produksi pemasaran di Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Purwakarta berorientasi pada tujuan pemasasran. Konsep Prodak pemasaran Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Purwakarta memiliki prodak atau program unggulan diantaranya : Tahfidz, Bahasa Arab, Hadroh dan Futsal. Hal ini menjadi produk pemasaran yang menjanjikan dari lembaga.Konsep penjualan dalam pemasaran Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Purwakarta belum sesuai dengan teori, belum secara khusus dan terencana melakukan identifikasi pasar madrasahnya, atau mengidentifikasi kondisi atau apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar madrasahnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pemasaran pendidikan Islam |
Subjects: | Education > Organization of Education General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Abdul Muhyi |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 08:06 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 08:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58457 |
Actions (login required)
View Item |