Konseling individu dengan teknik biblioterapi dalam meningkatkan kepercayaan diri anak disleksia: Penelitian di kampung Cikarmajaya desa Margaasih kecamatan Cicalengka

Septiani, Milda (2022) Konseling individu dengan teknik biblioterapi dalam meningkatkan kepercayaan diri anak disleksia: Penelitian di kampung Cikarmajaya desa Margaasih kecamatan Cicalengka. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 25 August 2022.

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 25 August 2022.

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 25 August 2022.

Download (213kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh anak berkebutuhan khusus dengan kategori disleksia yang ter identifikasi kurang percaya diri. Peneliti menemukan keluhan-keluhan pada anak tersebut seperti halnya mereka sering kali membandingkan dirinya dengan orang lain, tidak mandiri, dan susah untuk bergaul baik di lingkukan rumah ataupun di sekolah. Dalam rangka memberikan bantuan untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak tersebut peneliti menggunakan pendekatan melalui konseling individu dengan teknik biblioterapi untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk kondisi kepercayaan diri anak disleksia, proses pelaksanaan konseling individu dengan teknik biblioterapi, dan hasil dari proses konseling individu dengan teknik biblioterapi dalam meningkatkan kepercayaan diri anak disleksia di Kampung Cicalengka Desa Margaasih Kecamatan Cicalengka. Penelitian ini didasari oleh konsep pemikiran bahwa konseling iindividu dengan teknik biblioterapi ini mampu meningkatkan rasa percaya diri anak disleksia untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi deskriptif kualitatif, dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai strategi pengumpulan data. Berdasarkan hasil dari Konseling Individu dengan Teknik Biblioterapi dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Disleksia di Kampung Cikarmajaya Kecamatan Cicalengka dapat dikatakan cukup berhasil, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan dalam perilaku konseli yang mencerminkan sikap percaya diri yaitu tidak lagi membandingkan dirinya dengan yang lain, mampu berbicara di depan umum, dan menjadi anak yang mandiri. Dan terlihat pula perubahan konseli yang sudah bisa membedakan karakter huruf dan sudah mengetahui letak kesalahanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Biblioterapi; Anak Disleksia; Kepercayaan Diri
Subjects: Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Milda Septiani
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:42
Last Modified: 29 Sep 2022 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58494

Actions (login required)

View Item View Item