Munawaroh, Dini (2022) Pengaruh mutu layanan akademik dan manajemen pembelajaran terhadap mutu lulusan pesantren modern: Penelitian di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Putri Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (255kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
Abstract
Sebuah lembaga pesantren dikatakan berhasil atau tidak oleh masyarakat biasanya dilihat dari kualitas lulusan yang dihasilkan oleh lembaga pesantren itu sendiri. Dalam hal ini yang berkaitan dengan mutu lulusan pesantren adalah layanan akademik dan manajemen pembelajaran, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mutu layanan akademik dan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan lulusan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu layanan akademik dan manajemen pembelajaran terhadap mutu lulusan pesantren pada Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Putri Kuningan. Mutu layanan akademik memiliki indikator tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Indikator dari manajemen pembelajaran adalah perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Indikator dari mutu lulusan adalah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Adapun Hipotesis penelitian ini adalah Ha = Terdapat Pengaruh Mutu Layanan Akademik dan Manajemen Pembelajaran terhadap Mutu Lulusan Pesantren Modern. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen (validitas dan realiabilitas), analisis indikator, uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, uji korelasi dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Putri Kuningan mengungkapkan bahwa, mutu layanan akademik memiliki nilai rata-rata sebesar 85,48% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Nilai rata-rata dari manajemen pembelajaran sebesar 83,15% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan nilai rata-rata dari mutu lulusan pesantren sebesar 85,15% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara mutu layanan akademik terhadap mutu lulusan sebesar 0,101, dengan nilai signifikan 0,299 > 0,05. Terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen pembelajaran terhadap mutu lulusan sebesar 0,435, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Selain itu diperoleh persamaan regresi Y = 18,435 + 0,101 X1 + 0,435 X2. Maka dapat diartikan bahwa pengaruh mutu layanan akademik (X1) dan manajemen Pembelajaran (X2) terhadap mutu lulusan pesantren modern (Y) sebesar 28,1% dan selebihnya 71,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu Layanan Akademik; Manajemen Pembelajaran; Mutu Luljusan |
Subjects: | General Management General Management > Education, Research of Management General Management > Control and Quality Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dini Munawaroh |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 07:55 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 07:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58505 |
Actions (login required)
View Item |