Bimbingan pembiasaan shalat Dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan santri : Studi kasus pada kelas V SD di Diniyah Takmiliyah Daarul Muttaqiin Karsamanik Desa Cinunuk Kec. Cileunyi Kab.Bandung

Swasty, Akti Alis (2022) Bimbingan pembiasaan shalat Dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan santri : Studi kasus pada kelas V SD di Diniyah Takmiliyah Daarul Muttaqiin Karsamanik Desa Cinunuk Kec. Cileunyi Kab.Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy

Abstract

Sejak lahir ke dunia manusia harus terus belajar untuk menyesuaikan, mengembangkan, diri dengan lingkungan melalui proses pendidikan baik secara spiritual maupun akademik. Ahli jiwa berpendapat bahwa manusia tidak hanya memiliki kebutuhan primer namun mereka juga memiliki kebutuhan secara universal yang di dalamnya meliputi kebutuhan yang bersifat kodrati, berupa kebutuhan untuk merasa dicintai dan mencintai Tuhan. (Jalaluddin, 2012: 53). Daarul Muttaqiin ini merupakan madrasah yang di dalamnya terdapat anak-anak usia dini sekitar umur 7-12 tahun atau kelas 1-6 tingkat sekolah dasar. Proses program shalat dhuha Daarul Muttaqiin ini dilaksanakan secara bersama-sama termasuk semua guru pembimbing, santri dan santriwati. Sebelum adanya program shalat dhuha ini tentunya diajarkan terlebih dulu tentang ilmu-ilmu hukum, tata cara dan manfaat shalat dhuha yang diberikan kepada santri dan santriwati sehingga mereka akan sadar akan tanggung jawabnya sendiri bahwa kita diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah Swt. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu, uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) Untuk mengetahui proses bimbingan pembiasaan salat dhuha dalam menigkatkan kedisplinan santri kelas V di Diniyah Takmiliyah Daarul Muttaqiin Karsamanik Desa Cinunuk. 2) Untuk mengetahui tujuan bimbingan pembiasaan salat dhuha dalam menigkatkan kedisplinan santri kelas V di Diniyah Takmiliyah Daarul Muttaqiin Karsamanik Desa Cinunuk. 3) Untuk mengetahui hasil dari bimbingan pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan kedisiplinan santri kelas V di Diniyah Takmiliyah Daarul Muttaqiin Karsamanik Desa Cinunuk. Hasil dari penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa bimbingan pembiasaan shalat dhuha yang dilaksanakan di Daarul Muttaqiin dapat dikatakan berhasil walaupun banyak sekali hambatan namun itu tidak dijadikan alasan untuk santri tidak melaksanakan bimbingan pembiasaan shalat dhuha ini, karena terlihat adanya peningkatan kedisiplinan pada santri. Maka peneliti menarik kesimpulan bahwa pembiasaan shalat dhuha ini sangat penting untuk selalu dilaksanakan agar mereka tetap ada di jalan yang sesuai dengan ajaran agama Islam serta menjauhi apa yang dilarang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Shalat Dhuha; Kedisiplinan; Santri
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Shalat Sunnah
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Akti Alis Swasty
Date Deposited: 30 Sep 2022 03:10
Last Modified: 30 Sep 2022 03:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58511

Actions (login required)

View Item View Item